KEPEMIMPINAN KEPALA DESA: (Studi Tentang Tipe Kepemimpinan Yusmanto Sebagai Kepala Desa Selorejo, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk)

M. Wira Prakoso, 071113084 (2017) KEPEMIMPINAN KEPALA DESA: (Studi Tentang Tipe Kepemimpinan Yusmanto Sebagai Kepala Desa Selorejo, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 11-17 Pra k Abstrak.pdf

Download (803kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 11-17 Pra k Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul Kepemimpinan Kepala Desa: (Studi Tentang Tipe Kepemimpinan Yusmanto Sebagai Kepala Desa Selorejo, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk) ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana tipe kepemimpinan yang cocok diterapkan kepala desa dalam rangka memimpin desanya serta cara yang digunakan kepala desa dalam rangka mempertahankan kekuasaannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori tipologi kepemimpinan menurut Herbert Feith. Penelitian ini memiliki setting tempat di desa Selorejo. Dengan informan penelitian yaitu pemerintahan desa Selorejo yang terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa. Informan juga diambil dari masyarakat desa yang mempunyai pengaruh dan pengetahuan mendalam mengenai desa. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, dimana metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan yang digunakan Yusmanto dalam memimpin desa Selorejo adalah tipe kepemimpinan Solidarity Maker. Hal ini terlihat dari kengganan dari Yusmanto sebagai kepala desa untuk mengurusi hal-hal manajerial desa dan memilih untuk berada ditengah masyarakat dan membantu masyarakat secara langsung. Sedangkan sumber kekuasan yang digunakan Yusmanto untuk mempertahankan kekusaannya sebagai kepala desa dapat dilihat dari kekayaan, pendidikan, jaringan keluarga, dan ketokohan atau kharisma yang ditunjukkan Yusmanto sebagai kepala desa Selorejo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.11/17 Pra k
Uncontrolled Keywords: Tipologi Kepemimpinan, Sumber Kekuasaan, Kepemimpinan, Legitimasi
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
M. Wira Prakoso, 071113084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutrisno, Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 17:14
Last Modified: 29 Jan 2018 17:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67988
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item