Kondisi Hubungan Triangular Indonesia-Tiongkok-Jepang Setelah Terbentuknya Konsorsium PT. KCIC

Fatkhul Uyun, 071112036 (2017) Kondisi Hubungan Triangular Indonesia-Tiongkok-Jepang Setelah Terbentuknya Konsorsium PT. KCIC. Jurnal Analisis Hubungan Internasional, 6 (2). pp. 57-64. ISSN 2302-8777

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.HI.72.17 . Uyu.k - JURNAL.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/JAHI@kondisi-hubungan-t...

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara yang strategis terutama di kawasan Asia Tenggara, merupakan rekan kerja sama yang cukup lama bagi Jepang. Indonesia dan Jepang banyak melakukan kerja sama bilateral yang mampu meningkatkan hubungan kedua negara. Adapun pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini, pemerintah Indonesia sedang memfokuskan aliran dana untuk tujuan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pengadaan proyek kereta super cepat menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan proyek infrastruktur demi menyokong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi di kota Jakarta, Bandung dan wilayah yang menjadi stasiun. Jepang sebagai rekan kerja lama bagi Indonesia pada awalnya memiliki tempat paling dekat untuk dapat mengerjakan proyek ini, namun pada detik-detik terakhir China mampu mengambil alih proyek kereta cepat pertama di Indonesia ini. Dengan adanya kerja sama baru antara Indonesia dan China ini, kondisi hubungan tiga negara ini diprediksi akan mengalami perubahan arah. Indonesia sendiri dituntut untuk mengambil langkah yang tepat demi memaksimalkan agendanya dalam pembangunan infrastruktur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Indonesia, Jepang, China, hubungan triangular, kereta super cepat.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Fatkhul Uyun, 071112036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAjar Triharso, Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 11 Jan 2018 22:26
Last Modified: 11 Jan 2018 22:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67989
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item