STRATEGI HEDGING INDONESIA DI TENGAH PERSAINGAN INDIA-TIONGKOK DALAM PERSPEKTIF GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI KEMARITIMAN

DWIKI KURNIAWAN, 071311233103 (2017) STRATEGI HEDGING INDONESIA DI TENGAH PERSAINGAN INDIA-TIONGKOK DALAM PERSPEKTIF GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI KEMARITIMAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.HI.75.17 . Kur.s - ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.HI.75.17 . Kur.s - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.HI.75.17 . Kur.s - JURNAL.pdf

Download (359kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari peningkatan kerjasama maritim antara Indonesia dan India pada tahun 2015. Indonesia dan India mempunyai peran besar dalam regionalnya masing-masing. Setiap kebijakan Indonesia dan India mencerminkan kepentingan nasional dan strategi masing-masing negara. Peningkatan kerjasama maritim antara Indonesia dan India pada tahun 2015 menjadi problematis dan memerlukan penjelasan dalam perspektif geopolitik dan geostrategi karena syarat akan motif politis dan keamanan maritim. Penelitian ini berusaha menjelaskan alasan-alasan peningkatan kerjasama maritim yang dilakukan oleh Indonesia. Penelitian ini dilihat melalui pendekatan geopolitik dan geostrategi kemaritiman. Oleh karena itu kerangka pemikiran dalam melakukan analisis dan menjawab rumusan masalah menggunakan strategi hedging dalam perspektif geopolitik dan geostrategi kemaritiman, serta ditunjang dengan kerangka teori strategi maritim sea power. Dalam melihat dan menjawab alasan peningkatan kerjasama, penelitian ini berdasar pada jangkauan waktu 2001-2015. Hipotesis dalam penelitian ini bahwa peningkatan kerjasama maritim yang dilakukan oleh Indonesia dengan India adalah strategi hedging Indonesia di tengah persaingan dua kekuatan besar. Strategi hedging yang dilakukan oleh Indonesia juga sejalan dengan ambisi Indonesia dalam peningkatan sea power-nya, termasuk peningkatan upaya pengamanan wilayah chokepoint. Strategi hedging Indonesia adalah dengan melakukan peningkatan kerjasama maritim dengan India dan Tiongkok. Strategi tersebut digunakan oleh Indonesia untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam persaingan India-Tiongkok di Samudera Hindia. Melalui strategi hedging dalam bentuk peningkatan kerjasama maritim, Indonesia juga mampu melaksanakan ambisi peningkatan sea power-nya dan keamanan wilayah checkpoint-nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.75/17 Kur s
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kerjasama Maritim, Hedging, Indonesia, India, Tiongkok
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DWIKI KURNIAWAN, 071311233103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIrfa Puspitasari, S.IP., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 11 Jan 2018 23:37
Last Modified: 11 Jan 2018 23:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67998
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item