PERJUANGAN FEDERASI SERIKAT BURUH KERAKYATAN (FSBK) JAWA TIMUR DALAM MENUNTUT PENGHAPUSAN SISTEM OUTSOURCING DAN KENAIKAN UMK 2016 DI KOTA SURABAYA

VICKY LUTHFIYAH FAJRIN, 071311333061 (2017) PERJUANGAN FEDERASI SERIKAT BURUH KERAKYATAN (FSBK) JAWA TIMUR DALAM MENUNTUT PENGHAPUSAN SISTEM OUTSOURCING DAN KENAIKAN UMK 2016 DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 20-17 Faj p Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 20-17 Faj p Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai hal yang telah dilakukan oleh Federasi Serikat Buruh Kerakyatann (FSBK) Jwa Timur dalam melakukan perjuangan untuk menuntut hak-hak normatif dan kesejahteraan buruh, terutama masalah outsourcing dan kenaikan UMK. Disisi lain ada berbagai upaya yang dilakukan semata-mata dikarenakan untuk merespon disahkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan oleh Presiden Jokowi setahun yang lalu, dan juga tuntutan buruh terhadap UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 pasal 64-66 yang mengatur tentang outsourcing (alih daya). Penggunaan metode penelitian kualitatif dipilih dalam penyusunan penelitian ini. Sebab metode ini dipilih karena mampu menjawab rumusan masalah mengenai perjuangan Federasi Serikat Buruh Kerakyatan (FSBK) Jawa Timur dalam menuntut penghapusan sistem outsourcing dan kenaikan UMK 2016 di Kota Surabaya. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan data wawancara, naskah akademik, dokumen, artikel media massa baik cetak maupun elektronik serta media sosial. Dalam memperjuangkan berbagai hak-hak normatif kaum buruh di Kota Surabaya strategi gerakan yang dilakukan oleh FSBK adalah keterlibatan krisis (critical engagement). Kerja sama antara organisasi gerakan sosial dengan mengkombinasikan strategi advokasi dengan strategi kerjasama ketika menghadapi pemerintah atau agen-agen negara lainnya (parlemen, badan-badan yudikatif, dan militer). Namun kerjasama yang dilakukan oleh FSBK bukanlah kerjasama dengan agen negara seperti parlemen atau militer, melainkan kerjasama dengan lembagalembaga negara terkait masalah ketenagakerjaan. Strategi kerjasama dalam memobilisasi massanya tampak pada perjuangan yang dilakukan oleh SBK seperti, berupaya mendapatkan dukungan baik dari serikat buruh maupun masyarakat, dengan melakukan berbagai aksi demonstrasi, aksi diplomasi serta mengikutsertakan anggota SBK masuk dalam keanggotaan dewan pengupahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.20/17 Faj p
Uncontrolled Keywords: Federasi Serikat Buruh Kerakyatan, Sistem Outsourcing, Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), Undang-Undang, Critical Engagement, Serikat Buruh.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VICKY LUTHFIYAH FAJRIN, 071311333061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorH. Kacung Marijan, Prof. . Drs., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 17:27
Last Modified: 29 Jan 2018 17:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68011
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item