PERAN KOMUNITAS JURNALIS PEDULI LINGKUNGAN DALAM PENOLAKAN PEMBANGUNAN DERMAGA WISATA DI KAWASANB KONSERVASI HUTAN MANGROVE SURABAYA

ILHAM KURNIA WIBOWO, 071211333056 (2017) PERAN KOMUNITAS JURNALIS PEDULI LINGKUNGAN DALAM PENOLAKAN PEMBANGUNAN DERMAGA WISATA DI KAWASANB KONSERVASI HUTAN MANGROVE SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 23-17 Wib p Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 23-17 Wib p Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerusakan lingkungan hidup yang semakin parah akibat proses kapitalisasi yang sudah tidak lagi memandang akibat dari padanya membuat Komunitas jurnalis peduli lingkungan menyatakan komitmennya untuk menjaga alam ini. Mereka sebagai salah satu elemen masyarakat yang membawa kepentingan tentang keadilan lingkungan berhasil menghentikan proyek dermaga wisata dikawasan konservasi mangrove. Menjadi layak untuk dikaji karena mereka sebagai kelompok kepentingan mencoba untuk mempengaruhi sebuah kebijakan lewat cara khas mereka sebagai seorang jurnalis. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif-deskriptif dan teori kelompok kepentingan yang tertuang pada buku lobbying and policy making karya Norman J Ornstein dan Shirley Elder. Sebelum melihat dinamika perjuangan yang digunakan komunitas jurnalis peduli lingkungan dalam upaya mencapai tujuannya, terlebih dahulu harus diketehui tentang bagaimana pola gerakan yang mereka terapkapkan sehingga mendapatkan power tersendiri bagi kelompok ini dalam menuntut kepentingannya. Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan menggunakan strategi perlawanan yang didalamnya juga termasuk starategi advokasi, strategi gerakan, serta keterlibatan kritis dalam melakukan penolakan pada kasus proyek pembangunan dermaga wisata di kawasan konservasi mangrove. Dalam hal ini terlihat adanya beberapa aspek dalam bidang ilmu politik, yang pertama kelompok kepentingan, lalu pola gerakan dan konflik. Tentu hal ini menjadi menarik karena sebuah elemen masyarakat dengan latar belakang anggota sebagai jurnalis yang merupakan salah satu factor penting dalam kemajuan kehidupan bernegara mencoba membawa kepentingan yang diusung dalam misi mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.23/17 Wib p
Uncontrolled Keywords: Komunitas jurnalis peduli lingkungan (kjpl), kelompok kepentingan, konflik
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4775-4784 Technique. Practical journalism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ILHAM KURNIA WIBOWO, 071211333056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutrisno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 17:33
Last Modified: 29 Jan 2018 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68017
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item