KIAI DAN POLITIK : STUDI TENTANG KETERLIBATAN KH. KHOIRUL ATOK DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN GRESIK TAHUN 2015

RUDY ARDYANTO, 071211331006 (2017) KIAI DAN POLITIK : STUDI TENTANG KETERLIBATAN KH. KHOIRUL ATOK DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN GRESIK TAHUN 2015. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 25-17 Ard k Abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 25-17 Ard k Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul tentang Kiai Dan Politik, yakni Sebuah Studi tentang keterlibatan KH. Khoirul Atok dalam pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Gresik Tahun 2015. Tujuan Penelitian ini yakni untuk mengetahui bentuk peran politik KH. Khoirul Atok dalam pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Gresik Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti berusaha menggambarkan realitas sehingga bisa memperhatikan proses, peristiwa dan otentitas. Teori yang digunakan adalah teori elit dari perspektif Suzanne Keller mengenai elit strategis dalam kehidupan modern dewasa ini, dimana selanjutnya Kiai diposisikan sebagai elit strategis. Hasil dari penelitian adalah menunujkkan bagaimana peran politik KH. Khoirul Atok dalam pilkada kabupaten gresik tahun 2015 yakni memiliki peran poltik sebagai lobbying antara calon pasangan petahana yang bernama Sambari Halim Radianto dan Mohammad Qosim dengan ketua umum pusat Partai Kebangkitan Bangsa untuk bisa mengikuti kontestasi melalui PKB, yang sebelumnya berasal dari kader Partai Golongan Karya. dan peran selanjutnya yakni sebagai agen sosialisasi politik di lingkungan Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al-Ibrohimi. Latar belakang keterlibatan KH. Khoirul Atok dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Gresik Tahun 2015 adalah untuk mensejahterahkan umat manusia melalui jalur-jalur pemerintahan dan birokrasi, dan latar belakang keterlibatan beliau berikutnya yaitu dikarenakan budaya politik partisipan yang dimiliki beliau, yang bisa diketahui dari bentuk kontrol dan kritik terhadap Pemerintahan Daerah Kabupaten Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.25/17 Ard k
Uncontrolled Keywords: Kiai, Elit strategis, Peran Politik
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
RUDY ARDYANTO, 071211331006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSutrisno, Drs.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 17:42
Last Modified: 29 Jan 2018 17:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68022
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item