Apropriasi Kultural, Akulturasi, atau Komodifikasi? Kepentingan Inggris dalam Pengembangan Industri Kari

Listyani Novitasari, 071311233048 (2017) Apropriasi Kultural, Akulturasi, atau Komodifikasi? Kepentingan Inggris dalam Pengembangan Industri Kari. Jurnal Analisis Hubungan Internasional, 6 (3). pp. 164-173. ISSN 2302-8777

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.HI.89.17 . Nov.a - JURNAL.pdf

Download (301kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/JAHI@apropriasi-kultura...

Abstract

Meskipun tidak dikenal sebagai basis tradisional kari, Inggris nampaknya justru mencatatkan perkembangan siginifikan dalam industri kari. Dalam beberapa hal ketidakwajaran tersebut lantas menjadi menarik karena menyediakan pembicaraan lebih lanjut mengenai pendekatan importasi kultural yang dikembangkannya. Untuk itu, penelitian eksplanatif ini mengeksplorasi lebih jauh konsep-konsep terkait dengan importasi kultural, yaitu apropriasi kultural, akulturasi, dan komodifikasi. Berdasarkan data-data di lapangan, penelitian ini menemukan sejumlah fakta bahwa pengembangan industri kari di Inggris didasari dengan kontak historis yang terjalin antara Inggris dan India sejak masa kolonial silam. Lebih lanjut, perlakuan Inggris terhadap kari tersebut rupanya sama dengan perlakuannya terhadap tekstil India dan teh Tiongkok. Kendati begitu, penelitian bersifat kualitatif ini menemukan bahwa Inggris tidak melakukan klaim atas asal-usul kari, melainkan lebih fokus dalam memberikan dan mengoptimalkan nilai tambah terhadap kari sebagai produk ekonomi melalui serangkaian proses industrialisasi. Dengan demikian secara umum temuan-temuan tersebut menujukkan bahwa pengembangan industri kari di Inggris cenderung lebih dekat ke pendekatan komodifikasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Industri kari, apropriasi kultural, akulturasi, komodifikasi, Inggris
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
Listyani Novitasari, 071311233048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJoko Susanto, S.IP., Msc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 17:58
Last Modified: 14 Jan 2018 17:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68066
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item