GERAKAN RECLAIMING PERUBAHAN TANAH KAS DESA KEL. LAKARSANTRI DI KOTA SURABAYA

Devinta Rachma Citra, 071311333052 (2017) GERAKAN RECLAIMING PERUBAHAN TANAH KAS DESA KEL. LAKARSANTRI DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 47-17 Cit g Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 47-17 Cit g Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini menjelaskan munculnya gerakan sosial di Lakarsantri, Surabaya akibat adanya kebijakan mengenai beralihnya status desa menjadi kelurahan yang mana aset kekayaan desa juga beralih menjadi aset daerah. Sehingga munculah reclaiming sebagai strategi gerakan penolakan dan perlawanan dari masyarakat dalam rangka merebut hak atas tanah kas desa. Selain itu lahan di tanah BPM juga menjadi persoalan antara masyarakat dengan pihak pengembang. Penelitian ini dilakukan di Lakarsantri, Kec. Lakarsantri, Kota Surabaya menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain eksplanatif, dimana proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam sehingga proses analisis data menggunakan teori Neil Smelser yakni 6 struktur pemicu terjadinya gerakan sosial, serta teori mobilisasi sumber daya dalam gerakan sosial. Dari hasil penelitian dan analisis data ini menemukan bahwa lepasnya tanah kas desa yang kini menjadi bekas tanah kas desa, akibat adanya kebijakan beralihnya status desa menjadi kelurahan, membuat aset desa ikut beralih menjadi aset daerah. Yang mana aset tersebut dikelola oleh Pemerintah Kota/Daerah, dan menimbulkan konflik serta lahirnya gerakan sosial di tengah masyarakat Lakarsantri. Sehingga muncullah reclaiming sebagai gerakan penolakan dan perlawanan dalam rangka merebut kembali hak atas tanah. Selain itu, lahan di tanah BPM juga menjadi persoalan antara masyarakat dengan pihak pengembang. Kini permasalahan ini telah menemukan jalan penyelesaian dengan adanya kompensasi/taliasih (perdamaian) akan dibangunnya stadion di sebagian lahan Bekas Tanah Kas Desa yang selama ini di reclaiming-kan. Struktur dalam gerakan yang diwakili oleh panitia reclaiming ini hanya sebatas memberikan pandangan kepada masyarakat terkait dengan pelepasan tanah kas desa. Mulai dari segi hukum, segi budaya, sisi sejarah, dan segi ekonomisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.47/17 Cit g
Uncontrolled Keywords: Konflik, Reclaiming, Gerakan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Devinta Rachma Citra, 071311333052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPriyatmoko Dirdjosuseno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 18:35
Last Modified: 29 Jan 2018 18:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68098
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item