MAKNA KARTU BPJS KESEHATAN DI KALANGAN MASYARAKAT PENDHALUNGAN Studi Pada Peserta BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

ISTIYANA AFIFAH, 071311433072 (2017) MAKNA KARTU BPJS KESEHATAN DI KALANGAN MASYARAKAT PENDHALUNGAN Studi Pada Peserta BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.02.17 . Afi.m - ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.02.17 . Afi.m - SEC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.02.17 . Afi.m - JURNAL.pdf

Download (290kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemaknaan kartu BPJS kesehatan di kalangan masyarakat pendhalungan pada peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) di kelurahan Mangli kecamatan Kaliwates kabupaten Jember. Masyarakat pendhalungan merupakan masyarakat hasil percampuran dua kebudayaan dominan yaitu budaya Jawa dan Madura, percampuran kultur ini mempengaruhi kehidupan masyarakat pendhalungan sehari – hari. Kultur tentunya mempengaruhi pemberian makna mengenai kartu BPJS kesehatan golongan PBI yang mereka terima sejak tahun 2014 dan tahun 2015. Pemberian makna tidak terlepas dari kultur, ekonomi, dan politik. Dalam penelitian ini peneliti ingin membahas mengenai pemaknaan kartu BPJS kesehatan golongan PBI dengan menghubungkan kultur masyarakat pendhalungan yang merupakan budaya khas daerah tapal kuda. Peneliti menggunakan teori pertukaran sosial dari George Caspar Homans dan paradigma perilaku sosial . Menggunakan observasi, indepth interview dan penggunaan dokumen untuk metode pengumpulan data. Subyek penelitian meggunakan metode purposive dan tipologi sehingga ditemukan tujuh informan yang sesuai dengan kriteria peneliti. Makna yang dihasilkan oleh para informan berbeda hal ini disebabkan latar belakang yang informan lalui dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Keadaan ekonomi rendah, keampuhan kartu BPJS kesehatan golongan PBI, dan kultur yang masih digunakan di kehidupan sehari – hari mempengaruhi informan dalam pemberian makna kartu tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.02/17 Afi m
Uncontrolled Keywords: Kartu BPJS kesehatan golongan Penerima Bantuan Iuran (PBI) , makna, danPendhalungan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
ISTIYANA AFIFAH, 071311433072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy Sumbodo Singgih, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 18:16
Last Modified: 14 Jan 2018 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68100
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item