PERUBAHAN POLITIK DI DESA: IMPLIKASI PENETRASI KAPITAL TERHADAP KEKUASAAN DI DESA DIWEK, KECAMATAN DIWEK, KABUPATEN JOMBANG

Muhammad Yusron Romadhon, 071113035 (2017) PERUBAHAN POLITIK DI DESA: IMPLIKASI PENETRASI KAPITAL TERHADAP KEKUASAAN DI DESA DIWEK, KECAMATAN DIWEK, KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 48-17 Rom p Abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 48-17 Rom p Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis P 48-17 Rom p jURNAL.pdf

Download (379kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas tentang interaksi antara Pemerintah Desa Diwek dengan pihak kapital dalam proses masuknya PT Sejahtera Usaha Bersama di Desa Diwek. Dan juga untuk melihat implikasi dari masuknya kapital di desa terhadap pola hubungan elite massa di Desa Diwek, Kabupaten Jombang. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana penetrasi kapital di Desa Diwek mempengaruhi proses-proses politik yang ada di Desa Diwek. Proses masuknya perusahaan-perusahaan di Desa Diwek tidak bisa lepas dari kekuasaan yang ada di desa, dimana kekuasaan ini ada dipegang elite-elite yang ada di Desa Diwek. Para elite ini adalah kelompok orang yang memiliki status sosial tinggi di desa tersebut, dan yang berada di puncak status sosial tersebut adalah sosok Kepala Desa Diwek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripif yang bermanfaat memberikan penjelasan mendalam mengenai bagaimana upaya elite Desa Diwek dalam menggunakan legitimasinya untuk mendapatkan keuntungan dalam proses masuknya PT Sejahtera Usaha Bersama di Desa Diwek. Penelitian ini menggunakan kerangka teoritik Patron-client Keith R. Legg untuk menjelaskan tentang bagaimana hubungan elite massa yang ada di Desa Diwek dan untuk menjelaskan bagaimana patron menggunakan kekuasaan dan wewenangnya dalam memimpin desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam pemilihan lokasi di Desa Diwek. Terdapat pula kesepakatan antara pihak perusahaan dengan pihak Desa dimana kesepakatan tersebut menguntungkan pihak desa. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pola hubungan elite massa di Desa Diwek memiliki pola hubungan patron-client dimana sosok Kepala Desa menjadi patron tunggal di Desa Diwek. Hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa terjadi perubahan proses politik di Desa Diwek dimana pengaruh yang dimiliki oleh Kepala Desa yang lama mulai berkurang dan berpindah kepada Kepala Desa yang sekarang menjabat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.48/17 Rom p
Uncontrolled Keywords: Penetrasi Kapital, Desa, Elite, Kekuasaan, Patron-client
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
Muhammad Yusron Romadhon, 071113035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWisnu Pramutanto, Drs. , M,Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 18:38
Last Modified: 29 Jan 2018 18:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68101
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item