POLITIK KESEHATAN: STUDI TENTANG KELEMBAGAAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI KOTA MALANG

Desi Hanggono Rarasati, 071311333114 (2017) POLITIK KESEHATAN: STUDI TENTANG KELEMBAGAAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI KOTA MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 50-17 Rar p Abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 50-17 Rar p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ditetapkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, merupakan sebuah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesahatan melalui sistem asuransi, yang mewajibkan seluruh warga negara Indonesia untuk berpartispasi dalam menyukseskan program pemerintah. Untuk mensukseskan program tersebut perlu adanya keseriusan dari pihak penyelenggara, dalam hal ini peran penting struktur lembaga dalam merumuskan kebijakan sehingga mampu menghasilkan kebijakan kesehatan yang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Pemberian pelayanan kesehatan yang optimal, efektif, efisien dan tidak adanya perbedaan dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien BPJS Kesehatan dengan pasien non BPJS Kesahatan. Adanya perbedaan pelayanan kesehatan yang diberikan melalui pembatasan pelayanan kesehatan pada pasien BPJS Kesehatan banyak merugikan penggunanya. Dalam hal ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan peneliti untuk mengkaji data adalah deskriptif kualitatif atas data yang dikumpulkan melalui metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan kerangka teoritik milik Gabriel A. Almond mengenai struktur dan fungsi guna menjelaskan bagaimana sebuah struktur kelembagaan mampu menjalankan fungsi sehingga mampu menghasilkan output yang hendak dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.50/17 Rar p
Uncontrolled Keywords: BPJS Kesehatan, Struktur – fungsional kelembagaan, Implementasi Kebijakan, Pelayanan Kesehatan, Pembatasan Pelayanan Kesehatan
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Desi Hanggono Rarasati, 071311333114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Aminah, Dr. , Dra., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 18:41
Last Modified: 29 Jan 2018 18:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68117
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item