LOYALITAS PEMILIH PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH KOTA PASURUAN (STUDI TENTANG PERILAKU PEMILIH DI KELURAHAN PURWOREJO, KOTA PASURUAN PADA PILKADA 2010 DAN 2015)

HANAA’ SEPTIANA, 071311333064 (2017) LOYALITAS PEMILIH PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH KOTA PASURUAN (STUDI TENTANG PERILAKU PEMILIH DI KELURAHAN PURWOREJO, KOTA PASURUAN PADA PILKADA 2010 DAN 2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 57-17 Sep l Abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 57-17 Sep l Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat sebagai pemilih akhirnya memutuskan untuk memilih kandidat yang bernama Setiyono sebagai kepala daerah Kota Pasuruan selama dua periode Pemilihan Kepala Daerah di tahun 2010 dan 2015. Keputusan ini mengindikasikan adanya sikap politik loyal dalam pemilih untuk memilih kandidat tersebut dalam pilkada periode selanjutnya. Penelitian ini bersubyek pada individu-individu di wilayah Kelurahan Purworejo, Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa alasan di balik faktor-faktor yang muncul di dalam masyarakat sebagai pemilih ketika Setiyono mencalonkan menjadi kepala daerah di Kota Pasuruan serta analisis penyebab adanya loyalitas di dalam diri pemilih untuk memilih kembali Setiyono pada pilkada Kota Pasuruan di tahun 2015. Kerangka teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah perilaku pemilih. Penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka dan wawancara. Peneliti menemukan bahwa dalam proses terciptanya loyalitas pemilih didukung oleh kedekatan psikologis dengan partai politik serta manfaat yang diterima masyarakat dari sosok Setiyono. Hadirnya sosok Setiyono yang memiliki prestasi dan rekam jejak yang baik ketika menjadi birokrat membuat masyarakat semakin yakin dengan kemampuan Setiyono untuk memimpin daerah. Analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masyarakat di Kelurahan Purworejo memilih Setiyono karena tidak berdasark pada faktor etnisitas dan agama, tetapi karena melihat rekam jejak dan komitmen dari seorang figur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.57/17 Sep l
Uncontrolled Keywords: Loyalitas, pemilihan kepala daerah, perilaku memilih
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
HANAA’ SEPTIANA, 071311333064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKris Nugroho, Dr.,Drs.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 19:12
Last Modified: 29 Jan 2018 19:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68144
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item