GERAKAN FMPMA (FORUM MASYARAKAT PEDULI MATA AIR) DALAM PENOLAKAN PEMBANGUNAN HOTEL THE RAYJA DI KOTA BATU

RUBYANTI ALWIYAH MAHRIDA, 071311333013 (2017) GERAKAN FMPMA (FORUM MASYARAKAT PEDULI MATA AIR) DALAM PENOLAKAN PEMBANGUNAN HOTEL THE RAYJA DI KOTA BATU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 62-17 Mah g Abstrak.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (FULL ARTICLE)
Fis P 62-17 Mah g Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan tentang gerakan FMPMA (Forum Masyarakat Peduli Mata Air) dalam penolakan pembangunan Hotel The Rayja di Kota Batu. Mengetahui bagaimana penyebab munculnya sebuah gerakan FMPMA dan strategi gerakan yang digunakan oleh FMPMA dalam melakukan aksi penolakan pembangunan Hotel The Rayja. Sebab dengan adanya peraturan daerah No 7 Tahun 2011 tentang rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) bahwa lokasi pembangunan yang berdekatan dengan lingkungan harus berjarak minimal 200 meter inilah yang menjadi awal dari permasalahan pembangunan Hotel The Rayja karena pembangunan Hotel tersebut hanya berjarak 150 meter dari sumber mata air umbul gemulo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif sebab metode ini dipilih karena dapat menjawab rumusan masalah tentang peyebab munculnya gerakan FMPMA dan Strategi gerakan FMPMA dalam menolak pembangunan Hotel The Rayja di Kota Batu. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan data wawancara, naskah akademik, dokumen, artikel media massa baik cetak serta media sosial. Munculnya Gerakan FMPMA dalam menolak pembangunan Hotel The Rayja yakni dengan pendekatan gerakan sosial baru bahwa gerakan FMPMA muncul karena dilatarbelakangi oleh adanya upaya menyelamatkan sumber mata air umbul gemulo dalam kerusakan dan menggunakan strategi Non Litigasi serta strategi Litigasi yang dilakukan oleh FMPMA dalam menggalang massa, koalisi dengan kelompok LSM, aksi demonstrasi dan jalur Hukum yang ditempuh dalam penolakan pembangunan Hotel The Rayja. Dengan Gerakan FMPMA ini pembanguanan Hotel The Rayja terhenti dan sumber mata air umbul gemulo terselamatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.62/17 Mah g
Uncontrolled Keywords: FMPMA, Umbul Gemulo, Hotel The Rayja, Gerakan FMPMA, Strategi Non Litigasi, Litigasi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
RUBYANTI ALWIYAH MAHRIDA, 071311333013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAli Sahab, S.IP., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 19:21
Last Modified: 29 Jan 2018 19:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68160
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item