Strategi Adaptasi Anak Kyai (Gus) Pelaku Kenakalan di Masyarakat (Studi Deskriptif tentang Konsep Diri dan Strategi Adaptasi Anak Kyai (Gus) Pelaku Kenakalan terhadap Stigma yang Ada Di Masyarakat)

EKKY DUTA RISWANTO, 071114057 (2017) Strategi Adaptasi Anak Kyai (Gus) Pelaku Kenakalan di Masyarakat (Studi Deskriptif tentang Konsep Diri dan Strategi Adaptasi Anak Kyai (Gus) Pelaku Kenakalan terhadap Stigma yang Ada Di Masyarakat). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.27.17 . Ris.s - ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.27.17 . Ris.s - SEC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang konsep diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep diri anak Kyai (Gus) pelaku kenakalan dengan stigma yang muncul di masyarakat, mendeskripsikan strategi anak Kyai (Gus) pelaku kenakalan dalam menyesuaikan diri pada lingkungan masyarakat dan mengetahui apakah pemaknaan (konsep) diri anak Kyai (Gus) pelaku kenakalan memepengaruhi permainan peran dalam menyesuaikan diri di masyarakat. Untuk mengkaji strategi adaptasi Gus pelaku kenakalan ini menggunakan teori konsep diri (Looking Glass Self) Charles H. Cooley, dan teori dramaturgi Erving Goffman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi yang akan dipilih adalah Desa Grogol Kecamatan Diwek Jombang karena terdapat Gus dari beberapa pondok yang melakukan kenakalan. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil indepth interview di lapangan dan dianalisis menggunakan teori konsep diri C.H. Cooley dan teori dramaturgi Erving Goffman, diperoleh kesimpulan bahwa pembentukan konsep diri Gus pelaku kenakalan terjadi ketika interaksi dengan masyarakat sekitar. Sedangkan strategi yang dilakukan oleh Gus pelaku kenakalan untuk dapat diterima kembali oleh masyarakat akan menimbulkan hasil positif dan negatif, walaupun sulit dan sedikit membutuhkan waktu namun pada akhirnya Gus tersebut diterima kembali oleh masyarakat. Untuk dapat diterima kembali oleh masyarakat, Gus harus melakukan permainan peran yang ideal atau sesuai dengan norma yang berlaku. Sedangkan dari segi back stage, Gus harus harus menghindari hal-hal yang dapat merusak permainan peran yang sedang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.27/17 Ris s
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, strategi adaptasi, Gus pelaku kenakalan
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
EKKY DUTA RISWANTO, 071114057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMustain, Prof., Dr., Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 20:34
Last Modified: 14 Jan 2018 20:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item