KOMERSIALISASI BENCANA LUMPUR LAPINDO (Studi Kasus Mengenai Pilihan Rasional Para Pelaku Komersil Terhadap Bencana Lumpur Lapindo)

RIDHO DWIE FERHARD ARDAN, 071211431010 (2017) KOMERSIALISASI BENCANA LUMPUR LAPINDO (Studi Kasus Mengenai Pilihan Rasional Para Pelaku Komersil Terhadap Bencana Lumpur Lapindo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.28.17 . Ard.k - ABSTRAK.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.28.17 . Ard.k - SEC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.28.17 . Ard.k - JURNAL.pdf

Download (659kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

“Komersialisasi” adalah uapaya yang dilakukan seseorang untuk yang mencari keuntungan. “Bencana” adalah peristiwa/rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik itu faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, dan kerugian harta benda, serta dampak psikologis. Dalam studi komersialisasi bencana Lumpur Lapindo ini memfokuskan pada makna dan upaya seseorang untuk melakukan aktifitas komersil. Serta bagaimana seseorang bertindak berdasarkan pilihanpilihan rasional. Studi ini menggunakan teori Rational Choice James S. Coleman. Pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Untuk teknik penentuan informan menggunakan metode purposive. Dalam upaya memperoleh data, peneliti memilih wawancara mendalam atau indepth interview sebagai teknik pengumpulan data. Hasil studi ini terdapat dua jenis pelaku yakni pelaku “langsung” dan “tidak langsung” yang menunjukkan perbedaaan makna diantara mereka, perbedaan makna tersebut dikarenakan oleh latar belakang sosial yang timpang. Didalam makna pelaku, memunculkan pilihan-pilihan rasional mengenai fenomena lumpur lapindo. Pelaku “langsung” memanfaatkan fenomena Lumpur Lapindo dengan melakukan aktifitas komersil di sekitar area tanggul, sedangkan pelaku “tidak langsung” memanfaatkan fenomena Lumpur Lapindo dari segi popularitas. Para pelaku “tidak langsung” memperoleh keuntungan yang lebih banyak dibandingkan dengan pelaku “langsung”. Ilmu pengetahuan, akses, dan jaringan menjadi dorongan dalam menciptakan inovasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.28/17 Ard k
Uncontrolled Keywords: Komersialisasi, Lumpur Lapindo, Pelaku komersil.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
RIDHO DWIE FERHARD ARDAN, 071211431010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dr., Dra., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 20:36
Last Modified: 14 Jan 2018 20:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68182
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item