ADAPTASI KEBUDAYAAN: STRATEGI INTERNASIONALISASI DAISO JAPAN KE INDONESIA

Inke Maria, 071424553003 (2017) ADAPTASI KEBUDAYAAN: STRATEGI INTERNASIONALISASI DAISO JAPAN KE INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (jurnal)
JURNAL TESIS PDF.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada strategi adaptasi kebudayaan yang dilakukan Daiso Japan saat masuk ke Indonesia untuk mengatasi perbedaan budaya yang ada. Berdasarkan latar belakang tentang diperlukannya aspek budaya oleh sebuah perusahaan ketika melakukan ekspansi internasional, pada penelitian ini juga menitikberatkan pada seberapa jauh budaya diperlukan oleh Daiso Japan saat melakukan ekspansi internasionalnya ke Indonesia. Dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif, peneliti menjelaskan budaya merupakan kepentingan yang sangat mendasar bagi sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya di tingkat internasional. Begitu pula pada kasus Daiso, budaya sampai saat ini masih tetap dipertahankan demi menjaga identitas perusahaan dan untuk mendapatkan tempat di hati para konsumen. Permasalahan selanjutnya pada penelitian ini merujuk pada strategi yang digunakan beserta langkah-langkah penyesuaiannya, yaitu penerapan adaptasi dikombinasikan dengan agregasi terhadap budaya. Analisis penulis rangkai berdasarkan data yang didapat dari penelitian lapangan, wawancara, serta internet dan jurnal, sehingga memperoleh hasil berupa agregasi budaya yang diterapkan Daiso terdapat pada elemen bahasa, agama, kebiasaan dan sopan santun. Berdasarkan fakta lapangan dan analisis yang penulis teliti, didapat kesimpulan yaitu penyesuaian yang dilakukan Daiso Japan terhadap perbedaan budaya yang ada dicondongkan pada penerapan budaya Jepang, untuk mengenalkan kepada konsumen yang berbelanja di Daiso. Dan juga, penerapan tersebut semakin berkembang dengan banyaknya toko yang dibuka di Indonesia, sehingga membuat konsumen lebih mengenal konsep dan ciri khas yang dibawa Daiso Japan ke Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI 22/17 Mar a
Uncontrolled Keywords: internasionalisasi, perbedaan budaya, adaptasi, agregasi budaya.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Inke Maria, 071424553003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVinsensio, Drs. M. A. Dugis, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2017 23:45
Last Modified: 14 Dec 2017 23:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68183
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item