Hangout Pada Masyarakat Urban Studi Gaya Hidup dan Ersatz Pada Konsumen Starbucks Coffee Shop di Kota Surabaya

Nadhila Baity, 071311433013 (2017) Hangout Pada Masyarakat Urban Studi Gaya Hidup dan Ersatz Pada Konsumen Starbucks Coffee Shop di Kota Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.49.17 . Bai.h - ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.49.17 . Bai.h - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.49.17 . Bai.h - JURNAL.pdf

Download (253kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aktivitas hangout merupakan aktivitas yang popular dikalangan masyarakat urban. Seringnya masyarakat urban melakukan aktivitas hangout, menjadikan hangout sebagai suatu gaya hidup yang terdapat pada masyarakat urban. Terdapat perbedaan yang mencolok dari aktivitas hangout yang dilakukan pada saat ini. Dahulu saat melakukan aktivitas hangout, kita tidak perlu menjadi pemilih terkait tempat yang akan dikunjunginya. Namun saat ini, hangout dilakukan pada café-café yang saat ini mulai hadir di tengah-tengah masyarakat urban. Starbucks coffee shop merupakan salah satu tempat hangout yang digemari oleh masyarakat urban. Dalam penelitian ini, menggunakan teori dari Mike Fetaherstone dan Theodore W. Adorno. Paradigma yang digunakan adalah Culture Studies dan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam. Lokasi penelitian yang dipilih yakni di Starbucks coffee shop. Peneliti menemukan bahwa aktivitas hangout yang dilakukan masyarakat urban kali ini bertujuan untuk memenuhi hasrat atau nafsu untuk mendapatkan kesenangan pribadi. Dalam melakukan aktivitas hangout, mereka lebih sering melakukan bersama temannya. Starbucks coffee shop merupakan tempat pilihan untuk hangout karena memiliki suasana yang terlihat mewah dan modern. Hal ini sekaligus untuk menunjukkan identitas sosial yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.49/17 Bai h
Uncontrolled Keywords: Gaya hidup, hangout, masyarakat urban
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nadhila Baity, 071311433013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBagong Suyanto, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:09
Last Modified: 14 Jan 2018 21:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68240
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item