KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG GOLPUT DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNAIR (Studi Konstruksi Sosial tentang Golput yang dilakukan oleh Mahasiswa FISIP UNAIR pada Pemilu Presiden tahun 2014)

ARIEF HIDAYATULLOH RAHARSANTO, 071014027 (2017) KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG GOLPUT DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNAIR (Studi Konstruksi Sosial tentang Golput yang dilakukan oleh Mahasiswa FISIP UNAIR pada Pemilu Presiden tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.61.17 . Rah.k - ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.61.17 . Rah.k - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.61.17 . Rah.k - JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena golput yang terjadi pada mahasiswa FISIP UNAIR mempunyai antusias yang cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari setiap pemilihan Presiden BEM di kampus yang memang masih banyak yang melakukan golput ketika pemilu kampus ini berlangsung. Begitu juga yang sering terjadi dalam pemilu presiden masih banyak mahasiswa FISIP UNAIR yang memilih untuk golput dengan berbagai alasan tertentu. Kajian ini memfokuskan pada proses konstruksi sosial tentang golput yang dilakukan oleh mahasiswa FISIP UNAIR pada pemilu Presiden tahun 2014. Paradigma yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam kajian ini adalah paradigma interpretatif dengan pendekatan yang bersifat kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori Konstruksi Sosial dari Peter. L. Berger. Informan dalam kajian ini adalah 5 orang mahasiswa FISIP UNAIR yang memilih golput. Teknik pengambilan sampel yang digunkana adalah purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain; (1) Proses penting bagi berlangsungnya aktivitas penyerapan realitas obyektif ini terletak pada sosialisasi yaitu proses yang dipakai untuk mengalihkan pemaknaan yang terobyektivasi dari satu generasi ke generasi berikutnya. (2) Dalam proses obyektivasi ini tidak sepenuhnya mendapatkan efek yang cukup berarti jadi hanya sebagian yang memberikan dampak bagi dirinya yang terjadi dalam keluarganya sangat menimbulkan tindakan golput yang sebetulnya itu tidak perlu dilakukan oleh keluarganya. (3) Proses eksternalisasi terjadi ketika aktor melakukan komunikasi dengan kondisi sosiokulturalnya ini para informan sedikit menyesuaikan diri dengan keadaan yang sedang dihadapi pada saat pemilu presiden tahun 2014 lalu. Secara sederhana, eksternalisasi dipengaruhi oleh stock of knowledge(cadangan pengetahuan) yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.61/17 Rah k
Uncontrolled Keywords: Golput, Mahasiswa, Konstruksi Sosial.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARIEF HIDAYATULLOH RAHARSANTO, 071014027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKarnaji, S.Sos, Msi,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:27
Last Modified: 14 Jan 2018 21:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68253
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item