MITIGASI BENCANA ALAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MASYARAKAT DESA RAWAN BENCANA ( Studi di Desa Kertowono, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang )

DZULFIKAR GHASSANI, 071311433062 (2017) MITIGASI BENCANA ALAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MASYARAKAT DESA RAWAN BENCANA ( Studi di Desa Kertowono, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.67.17 . Gha.m - ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.67.17 . Gha.m - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.67.17 . Gha.m - JURNAL.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Desa Kertowono merupakan salah satu desa rawan bencana alam di Kabupaten Lumajang. Adanya bencana alam tanah longsor yang sering terjadi, bencana alam kekeringan serta masyarakat Desa Kertowono juga mengalami dampak dari erupsi gunung berapi yang mana gunung berapi tersebut merupakan gunung bromo dan gunung semeru. Dengan ini, masyarakat Desa Kertowono sangat memperhatikan keselamatannya dalam kehidupan sehari-harinya. Masyarakat Desa Kertowono memiliki pengalaman yang membuat mereka siap dalam menghadapi bencana yang mana masyarakat Desa Kertowono telah membentuk dan melakukan mitigasi bencana alam yang berbasis kearifan lokal. Dengan adanya berbagai bencana alam yang melanda Desa Kertowono, penelitian ini melihat bagaimana tindakan sosial masyarakat Desa Kertowono dalam proses membentuk hingga melakukan mitigasi bencana alam berbasis kearifan lokal dalam menghadapi bencana alam. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara mendalam guna memperoleh informasi yang jelas mengenai fokus permasalahan. Temuan data dalam penelitian ini didapat beberapa variasi data tentang tindakan sosial melalui proses tindakan sosial masyarakat Desa Kertowono dalam membentuk hingga melakukan mitigasi bencana alam berbasis kearifan lokal guna menghadapi bencana alam yaitu selametan desa, istigosah dan kerja bakti, Tindakan sosial yang mendasari masyarakat Desa Kertowono dalam membentuk hingga melakukan mitigasi bencana alam berbasis kearifan lokal merupakan tindakan rasional nilai yang mana tindakan sosial ini telah dipertimbangkan terlebih dahulu karena mendahulukan nilai-nilai sosial maupun nilai agama yang mereka miliki miliki dan tindakan tradisional disini merupakan tindakan yang ditentukan oleh cara – cara berperilaku masyarakat yang biasa dan lazim yang mana sesuai adat atau kebiasaan daerah dan agama. Yang mana masyarakat Desa Kertowono membentuk dan melakukan karena masyarakat memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi bencana alam melalui proses sosialisasi sekunder sehingga masyarakat Desa Kertowono memiliki nilai-nilai tradisi yang kuat dalam kearifan lokalnya yang mana merupakan hasil dari generasi terdahulu mereka yang wajib untuk dilakukan, dipertahankan dan tidak dapat dihilangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.67/17 Gha m
Uncontrolled Keywords: Mitigasi Bencana, Tindakan sosial, Kearifan lokal, Masyarakat Desa Kertowono
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DZULFIKAR GHASSANI, 071311433062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSudarso, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:33
Last Modified: 14 Jan 2018 21:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68259
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item