POLA KONSUMSI OBAT PELANGSING DI KALANGAN MAHASISWI FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Wina Farafinsah, 071311433005 (2017) POLA KONSUMSI OBAT PELANGSING DI KALANGAN MAHASISWI FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.69.17 . Far.p - ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.69.17 . Far.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.69.17 . Far.p - JURNAL.pdf

Download (251kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai pola konsumsi obat pelangsing di kalangan mahasiswi FISIP Universitas Airlangga bertujuan untuk mengkaji dua permasalahan utama, yaitu pola konsumsi obat pelangsing bagi mahasiswi FISIP dan bagaimana kondisi atau dampak yang ditimbulkan dari konsumsi obat pelangsing. Penelitian ini menggunakan paradigma teori kritis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pngumpulan data berbentuk wawancara mendalam dan observasi lapangan. Konsep teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni konsep hiperealitas, simulakra, budaya konsumsi, gaya hidup dan perilaku konsumtif oleh Baudrillard. Lalu teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive, sehingga di dapatkan delapan informan dengan kriteria sudah pernah maupun sedang mengkonsumsi obat pelangsing. Hasil yang ditemukan dalam penelitian antara lain mahasiswi mengkonsumsi obat pelangsing sebagai salah satu pola perilaku diet yang dipengaruhi media massa, dimana hal ini tentu saja mengakibatkan perubahan pola pikir dan perilaku mahasiswi tentang cantik yang sudah terlegitimasi bahwa harus memiliki tubuh langsing, tinggi, putih dan sebagainya. Sehingga mereka tak lagi bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan, bahkan mengabaikan dampak negatif demi mendapatkan tubuh ideal. Sedangkan obat pelangsing yang dikonsumsi juga memiliki dampak sosial yang berhubungan dengan orang tua, ekonomi dan dampak fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.69/17 Far p
Uncontrolled Keywords: Pola konsumsi obat pelangsing, hiperealitas, simulakra, gaya hidup, perilaku konsumtif, dan budaya konsumsi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Wina Farafinsah, 071311433005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.B. Wirawan, Prof., Dr., Drs., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:39
Last Modified: 14 Jan 2018 21:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68261
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item