PENGARUH KONTROL ORANG TUA DAN PERAN PEER GROUP TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA ANAK (Studi Eksplanasi Tentang Perilaku Merokok pada Anak Laki-laki di Kecamatan Gubeng, Surabaya)

Febriandita Tedjomurti, 071311433050 (2016) PENGARUH KONTROL ORANG TUA DAN PERAN PEER GROUP TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA ANAK (Studi Eksplanasi Tentang Perilaku Merokok pada Anak Laki-laki di Kecamatan Gubeng, Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.70.17 . Ted.p - ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.70.17 . Ted.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.70.17 . Ted.p - JURNAL.pdf

Download (402kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku merokok saat ini merupakan sebuah kebiasaan yang sudah biasa kita temui di kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali anak-anak. Setiap tahunnya jumlah perokok anak di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Anak-anak mengenal rokok dari lingkungan sosial mereka karena pada dasarnya anak-anak memiliki keingintahuan terhadap sesuatu yang baru bagi mereka. Beberapa faktor penyebab anak-anak merokok adalah adanya peran peer group dan lemahnya kontrol orang tua. Penelitian ini merumuskan tiga masalah yakni bagaimana intensitas perilaku merokok pada anak, apakah ada pengaruh kontrol orang tua terhadap perilaku merokok pada anak, dan apakah ada pengaruh peran peer group terhadap perilaku merokok pada anak. Teori yang digunakan untuk mendukung persoalan dalam penelitian ini adalah teori kontrol dari Travis Hirschi dan teori asosiasi diferensial dari Edwin H. Sutherland. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian eksplanatif. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah Kecamatan Gubeng, Surabaya. Teknik pengambilan sampel data yang digunakan adalah teknik accidental dan snow ball sampling, dengan jumlah responden 100 anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung, menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Analisis yang digunakan adalah tes statistik Rho Spearman. Penelitian ini menghasilkan temuan data sebagai berikut: - Tingkat perilaku merokok pada anak laki-laki di Kecamatan Gubeng, Surabaya cukup intens. - Ada hubungan antara kontrol orang tua terhadap perilaku merokok pada anak di Kecamatan Gubeng, Surabaya. Arah hubungan kedua variabel adalah negatif dengan kekuatan hubungan yang kuat. - Ada hubungan antara peran peer group terhadap perilaku merokok pada anak di Kecamatan Gubeng, Surabaya. Arah hubungan kedua variabel adalah positif dengan kekuatan hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.70/17 Ted p
Uncontrolled Keywords: Perilaku Merokok, Anak, Kontrol Orang Tua, Peer Group.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Febriandita Tedjomurti, 071311433050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:40
Last Modified: 14 Jan 2018 21:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68262
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item