MEKANISME SURVIVAL ISTRI PADA KELUARGA BURUH NELAYAN (StudiPada Istri Buruh Nelayan Dusun Muncar Desa Kedungrejo Banyuwangi)

ELA YULIASRI, 071311433100 (2017) MEKANISME SURVIVAL ISTRI PADA KELUARGA BURUH NELAYAN (StudiPada Istri Buruh Nelayan Dusun Muncar Desa Kedungrejo Banyuwangi). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.71.17 . Yul.m - ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.71.17 . Yul.m - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.71.17 . Yul.m - JURNAL.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hidup sebagai masyarakat pesisir tentu tidak dapat dipisahkan dengan lautan. Mereka mengandalkan laut sebagai sumber pendapatan utama. Pekerjaan sebagai buruh nelayan adalah pekerjaan yang tidak dapat dipastikan besar kecilnya pendapatan setiap harinya, semua bergantung pada kondisi alam. Dengan pendapatan yang tidak menentu membuat para istri buruh nelayan tidak dapat tinggal diam di rumah mengandalkan pendapatan dari suaminya yang tidak menentu setiap harinya. Oleh karena itu dilakukannya penelitian ini guna untuk memperoleh gambaran bagaimana kondisi sosial ekonomi keluarga buruh nelayan, kemudian untuk mengetahui bagaimana mekanisme survival dan peran istri dalam membantu pemasukan ekonomi keluarga, dan yang terakhir untuk menunjukkan perkembangan diversifikasi pekerjaan yang ditekuni oleh para istri nelayan saat ini. Untuk menganalisa realitas ini peneliti menggukan metode bertipekan penelitian deskriptif yang menggunakan data kualitatif dengan bantuan teori mekanisme survival dari James Scott serta teori pendukung dari peranan wanita nelayan dalam membantu perekonomian keluarga. Dari hasil pembahasan berdasarkan temuan data di lapangan yang telah di analisa diperoleh kesimpulan bahwakondisi sosial ekonomi keluarga buruh nelayan berada pada ekonomi marginal yang dekat dengan garis subsistensi, dimana hal itu disebabkan karena tingkat pendidikan yang rendah dan tidak memiliki ketrampilan. Dalam penelitian ini diketahui bahwa istri buruh nelayan memiliki peran yang penting dalam membantu perekonomian keluarga terutama saat musim paceklik tiba. Salah satu bentuk mekanisme survival yang digunakan para istri buruh nelayan untuk membantu pemasukan ekonomi keluarga kecenderungannya yakni dengan swadaya usaha membuka toko dan warung-warung makan. Berdasarkan temuan data dilapangan diperoleh hasil bahwa diversifikasi pekerjaan para istri buruh nelayan telah mengalami perkembangan dan tidak hanya berda di sektor perikanan dan kelautan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.71/17 Yul m
Uncontrolled Keywords: Mekanisme ,Istri, Perekonomian
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELA YULIASRI, 071311433100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSudarso, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:42
Last Modified: 14 Jan 2018 21:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68263
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item