EFEKTIVITAS STRATEGI BUSINESS TO BUSINESS OLEH SM ENTERTAINMENT DENGAN YOUTUBE DALAM BISNIS KPOP DI TURKI

YASMINE C. INDRIANA, 071324553006 (2017) EFEKTIVITAS STRATEGI BUSINESS TO BUSINESS OLEH SM ENTERTAINMENT DENGAN YOUTUBE DALAM BISNIS KPOP DI TURKI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai bagaimana strategi business to business yang digunakan oleh SM Entertainment dengan perusahaan media sosial, YouTube, dalam menjalankan bisnis KPop di tingkat global, khususnya di Turki. Berdasarkan hasil kajian literatur dijelaskan bahwa keterbukaan pasar serta peningkatan teknologi di era gobalisasi mendorong peningkatan bagi industri ekspor di Korea Selatan, salah satunya adalah SM Entertainment. Peningkatan konsumsi KPop di dalam negeri mendorong bisnis KPop untuk meningkatkan pasar di luar Korea Selatan dan keluar dari Asia Timur. Ditemukan bahwa strategi yang dijalankan oleh SM Entertainment membuatnya mendapatkan hasil yang berbeda dari dua negara yang mengekspor industri musiknya, yaitu Amerika Serikat dan Jepang, serta dua negara Asia Timur sebelumnya yakni Jepang (dikenal dengan JPop) dan China (dikenal dengan CPop). Strategi tersebut adalah strategi business to business yang dijalankan oleh SM Entertainment dengan YouTube menjadi faktor penting dari keberhasilan bisnis KPop di Turki. Strategi business to business yang dilakukan oleh SM Entertainment dan YouTube menunjukkan bahwa penerimaan konsumen saat ini tidak lagi hanya berdasar pada kesamaan budaya, akan tetapi lebih menekankan pada ketertarikan yang ditunjukkan oleh konsumen berdasarkan usia atau dapat dikelompokkan menjadi generasi Z, yang sebagian besar merupakan penikmat KPop.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI 02/17 Ind e
Uncontrolled Keywords: KPop, SM Entertainment, SM Entertainment dan YouTube, KPop di Turki
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
YASMINE C. INDRIANA, 071324553006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBaiq L. S. W. Wardhani, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2017 20:57
Last Modified: 17 Dec 2017 20:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68269
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item