REAKSI KELUARGA PENDERITA ISPA TERHADAP DAMPAK INDUSTRI (Studi Tentang Resistensi Keluarga Penderita ISPA Terhadap PT Petrokimia Gresik di Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik )

MONIKA AYA MAULIDA, 071311433067 (2017) REAKSI KELUARGA PENDERITA ISPA TERHADAP DAMPAK INDUSTRI (Studi Tentang Resistensi Keluarga Penderita ISPA Terhadap PT Petrokimia Gresik di Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.81.17 . Mau.r - ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.81.17 . Mau.r - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.81.17 . Mau.r - JURNAL.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan PT Petrokimia Gresik menyebabkan keseimbangan lingkungan di desa Roomo menjadi terganggu. Polusi udara dan pencemaran air membuat kebanyakan masyarakat mengalami gangguan kesehatan dan mederita penyakit terutama ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). ISPA merupakan infeksi yang terjadi pada sinus, tenggorokan dan paru-paru. Infeksi ini disebabkan oleh virus atau bakteri. Kondisi yang semakin memburuk membuat masyarakat penderita ISPA harus berjuang untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Berdasarkan pada realitas sosial yang ada penelitian ini memfokuskan pada proses dan bentuk-bentuk resistensi yang dilakukan oleh masyarakat penderita ISPA dalam menghadapi dampak keberadaan industri yang ditinjau melalui teori resistensi dari James Scott. Pendekatan yang digunakan untuk memahami permasalahan dalam penelitian ini adalah pendekatan induktif kualitatif dengan melakukan analisis secara kritis dengan melihat realitas sosial yang diteliti. Subyek dalam penelitian ini sejumlah lima orang yang memiliki anggota keluarga penderita ISPA di desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Metode penentuan subyek yang digunakan adalah snowball. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara langsung dengan menggunakan instrumen penelitian pedoman wawancara. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: 1) proses resistensi masyarakat diawali oleh adanya reaksi terhadap dampak dari meningkatnya aktifitas pabrik, program dan bantuan yang terealisasi dan kepuasaan masyarakat 2) bentuk resistensi yang dilakukan berupa resistensi tertutup dan semi terbuka dengan dilatar belakangi oleh pengalaman, pengetahuan, kesehatan, ekonomi dan kondisi sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.81/17 Mau r
Uncontrolled Keywords: Dampak industri, penderita ISPA, resistensi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
MONIKA AYA MAULIDA, 071311433067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:58
Last Modified: 14 Jan 2018 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68277
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item