PRAKTIK PENGOBATAN METODE RAJAH (STUDI TENTANG MOTIF PILIHAN ORIENTASI KESEHATAN TRADISIONAL PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN)

Ahmad Sholahuddin, 071311433064 (2017) PRAKTIK PENGOBATAN METODE RAJAH (STUDI TENTANG MOTIF PILIHAN ORIENTASI KESEHATAN TRADISIONAL PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.82.17 . Shu.p - ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.82.17 . Shu.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.82.17 . Shu.p - JURNAL.pdf

Download (209kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masyarakat desa Rengel Kecamatan Rengel kabupaten Tuban, sejak zaman dulu telah mengenal jenis pengobatan tradisional dengan metode rajah. Mayarakat memiliki motif dan orientasi tindakan yang berbeda dalam memilih pengobatan tradisional. Seperti kepercayaan terhadap pengobatan rajah yang menggunakan cara spiritual atau nonmedis, masalah biaya, takut operasi bedah, dan juga kejengkelan terhadap pengobatan modern. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial Max Weber dan teori orientasi kesehatan Suchman. Paradigma yang digunakan adalah definisi sosial dengan menggunakan data kualitatif. Penelitian ini dilakukan di tempat praktik pengobatan rajah di desa Rengel kecamatan Rengel kabupaten Tuban dengan informan lima orang sebagai informan subjek, satu informan kunci dan satu informan pendukung. Dipilih dengan menggunakan teknik purposive pada masyarakat yang telah berobat ke pengobatan rajah dilihat dari usia, jenis kelamin, jenis penyakit dan latar belakang pasien. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah warga masyarakat desa Rengel lebih memilih pengobatan rajah sebagai salah satu pilihan pengobatan tradisional yang masih eksis di kalangan masyarakat modern. Kepercayaan yang kuat terhadap pengobatan rajah ini membuat masyarakat berorientasi pada tindakan rasional nilai, mereka menyandarkan pada nilai etis, estetis dan keagamaan. Dari segi efektifitas, pengobatan rajah efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit. Masyarakat lebih menyandarkan pada orientasi tindakan tradisional karena dilakukan dari tradisi turun temurun atau dari orang tua yang sudah membuktikan efek kesembuhan dalam waktu yang cepat. Juga dari segi proses pengobatan menggunakan pendekatan spiritual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.82/17 Shu p
Uncontrolled Keywords: pengobatan rajah, motif, tradisional, tindakan sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ahmad Sholahuddin, 071311433064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSepti Ariadi, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 22:12
Last Modified: 14 Jan 2018 22:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68278
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item