SMAN 5 Surabaya sebagai Sekolah Prestige melalui Kelas Cerdas Istimewa

Adita Mahendra, 071211433028 (2017) SMAN 5 Surabaya sebagai Sekolah Prestige melalui Kelas Cerdas Istimewa. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.90.17 . Mah.s - ABSTRAK.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.90.17 . Mah.s - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (498kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.90.17 . Mah.s - JURNAL.pdf

Download (51kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stratifikasi sosial sebagai suatu fenomena sosial, telah lama hadir di berbagai sekolah favorit, terutama di kelas unggulan. Banyak yang berargumen bahwa kelas unggulan bisa memberikan kesempatan mendapatkan pendidikan berkualitas pada semua anak yang bisa masuk kelas unggulan. Permasalahan yang dikaji dalam studi ini adalah bagaimana kelas unggulan menjadi medium untuk melanggengkan stratifikasi sosial dan mengapa kelas unggulan diselenggarakan oleh pihak sekolah Studi ini menggunakan metode deskriptif. Lokasi studi ini adalah SMA Negeri 5 Surabaya. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam. Teori yang digunakan yaitu teori stratifikasi sosial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat persepsi siswa kelas reguler terhadap siswa kelas unggulan yaitu kelas unggulan membuat kecemburuan kelaskelas yang lain, sekolah melakukan diskriminasi dengan cara memberikan fasilitas kepada siswa unggul agar sekolah memiliki anak-anak cerdas berbakat. Siswa kelas unggulan tidak mau bergaul dengan siswa kelas reguler. Siswa kelas unggulan menjadi simbol stratifikasi di sekolah. Siswa yang masuk di dalam kelas unggulan merupakan siswa yang terbaik. Persepsi guru terhadap siswa kelas unggulan yaitu siswa kelas unggulan adalah siswa yang lolos dalam seleksi dan memiliki keinginan untuk membawa nama sekolah menjadi sekolah bergengsi. Kelas unggulan diselenggarakan untuk melanggengkan gengsi sekolah yang ingin mempertahankan status sekolah sebagai sekolah berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.90/17 Mah s
Uncontrolled Keywords: Kelas unggulan, stratifikasi sosial disekolah.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Adita Mahendra, 071211433028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTuti Budirahayu, Dr., Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 22:19
Last Modified: 14 Jan 2018 22:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68287
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item