SUBKULTUR ANAK MUDA PENGGEMAR BUDAYA POPULER (Studi Deskriptif Subkultur Anak Muda Penggemar K-Pop Boyband BTS di Surabaya)

Cita Pertiwi, 071514753007 (2017) SUBKULTUR ANAK MUDA PENGGEMAR BUDAYA POPULER (Studi Deskriptif Subkultur Anak Muda Penggemar K-Pop Boyband BTS di Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TSO 04-17 Per s Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSO 04-17 Per s Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
TSO 04-17 Per s Jurnal.pdf

Download (617kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anak muda berperan dalam proses produksi budaya populer. Perkembangan jejaring media sosial membawa kemudahan bagi penggemar untuk melakukan interaksi dengan penggemar lain maupun mengembangkan aktivitas-aktivitas untuk memproduksi teks-teks budaya populer melalui media online. Perilaku anak muda yang aktif di media sosial membentuk identitas kulturalnya melalui proses pemaknaan. Studi ini menggunakan pendekatan cultural studies dari John Storey dan konsep hegemoni neo-Gramscian. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah anak muda penggemar boyband BTS berusia 15-24 tahun yang aktif di media sosial sebagai prosumer. Hasil studi menunjukkan anak muda penggemar budaya populer berperan aktif dalam mengkonsumsi, memproduksi dan mereproduksi teks-teks budaya populer K-Pop melalui media sosial. Perilaku anak muda penggemar budaya populer KPop menunjukkan identitasnya melalui gaya hidup sehari-hari (fashion) dan media sosial yang dimiliki. Subkultur anak muda penggemar budaya populer K-Pop ditunjukkan melalui teks-teks budaya baru yang diproduksi. Teks-teks baru hasil produktivitas di sosial media seperti meme, fan art, fan fiction, pemecahan teori saat comeback, serta orientasi yang berbeda dimana penggemar kerap menjodohkan idolanya dengan sesama member group atau laki-laki dengan lakilaki. Aktivitas anak muda penggemr budaya populer K-Pop seperti boyband BTS ini disadari atau tidak melalui aktivitasnya mereka menjadi kepanjangan tangan serta umpan bagi kaum kapitalis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TSO.04/17 Per s
Uncontrolled Keywords: Anak muda, Budaya populer, K-Pop, Media sosial, Subkultur
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Cita Pertiwi, 071514753007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBagong Suyanto, Prof. Dr. , Drs.,M.SiUNSPECIFIED
ContributorSepti Ariadi, rs. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Feb 2018 19:04
Last Modified: 18 Feb 2018 19:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68330
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item