MODAL SOSIAL KOMUNITAS NELAYAN DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM (Studi Kualitatif tentang Proses Kerja Modal Sosial Komunitas Nelayan Tradisional dalam Mempertahankan Kehidupan Akibat Perubahan Iklim di Probolinggo)

Mariam ulfa, 071514753005 (2017) MODAL SOSIAL KOMUNITAS NELAYAN DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM (Studi Kualitatif tentang Proses Kerja Modal Sosial Komunitas Nelayan Tradisional dalam Mempertahankan Kehidupan Akibat Perubahan Iklim di Probolinggo). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TSO 07-17 Ulf m Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSO 07-17 Ulf m Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
TSO 07-17 Ulf m Jurnal.pdf

Download (235kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya fenomena perubahan iklim yang memberikan dampak negatif terhadap aktivitas kehidupan masyarakat pesisir. Dalam penelitian yang berjudul modal sosial komunitas nelayan dalam menghadapi perubahan iklim, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma interpretatif. Penelitian ini berusaha mengkaji modal sosial yang dimiliki masyarakat nelayan dalam menghadapi perubahan iklim. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi dengan informan yang ditentukan secara snowball. Lokasi penelitian berada di komunitas nelayan desa Tamansari Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Subyek yang diteliti merupakan nelayan dan pihak-pihak terkait yang mengetahui dan mengalami dampak perubahan iklim. Oleh karena itu, fokus penelitian ini dispesifikasi pada kajian tentang bagaimana komunitas nelayan mengenbangkan modal sosial dalam menghadapi perubahan iklim. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modal sosial yang dikemukakan oleh James Coleman. Secara garis besar, kesimpulan dalam penelitian ini yaitu modal sosial yang dimiliki komunitas nelayan terbentuk melalui interaksi antar individu dengan masyarakat yang rutin dan terjalin lama. Jaringan tersebut berkembang berdasarkan nilai-nilai, kepercayaan dan budaya yang dijalankan oleh masyarakat nelayan. Berkembangnya modal sosial yang ada melalui kegiatan gotong royong, acara selametan desa dan kegiatan rutin pengajian, serta rutinitas masyarakat yang bekerja sebagai nelayan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TSO.07/17 Ulf m
Uncontrolled Keywords: Perubahan, iklim, nelayan.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Q Science > QC Physics > QC981 Climate
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Mariam ulfa, 071514753005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong Suyanto, Prof. Dr. ,Drs.,M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Feb 2018 16:20
Last Modified: 19 Feb 2018 16:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68334
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item