Peran Keluarga dan Sekolah Membentuk Literasi Dini dalam Mengembangkan Perilaku Gemar Membaca di Kalangan Anak Prasekolah di Surabaya

RR ARETTA PRADIPTA JIWA, 071511623023 (2017) Peran Keluarga dan Sekolah Membentuk Literasi Dini dalam Mengembangkan Perilaku Gemar Membaca di Kalangan Anak Prasekolah di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.61.17 . Jiw.p - ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.61.17 . Jiw.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti akan membahas tentang peran keluarga dan sekolah membentuk literasi dini dalam mengembangkan perilaku gemar membaca di Kalangan Anak Prasekolah di Surabaya. Penelitian ini dilakuka dengan menggunakan teori literasi dini dari Peck yang menjabarkan 6 kemampuan literasi dini anak, yaitu print motivation, phonological awareness, vocabulary, narrative skill, print awareness dan letter knowledge. Dan penggunan teori perkembangan kognitif dari Jean Piaget, Lev Vygotsky dan beberapa teori pendukung lainnya. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif, yang dimana mendeskripsikan peran keluarga dan sekolah membentuk literasi dini dalam mengembangkan perilaku gemar membaca di Kalangan Anak Prasekolah di Surabaya. Penelitian ini juga mengambil jumlah sample 117 responden. Sampel 117 responden terdiri dari 60 responden dari Keluarga (orang tua) dan 57 responden dari sekolah (guru), dilakukan pada anak usia prasekolah yang usianya berkisar antara 0-6 tahun. Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan penarikan sampel dilakukan secara Multistage Random Sampling. Hasil penelitian ini adanya perbedaan antara peran keluarga dan sekolah dalam membentuk literasi dini. Hal tersebut dapat dilihat dari Print Motivation, peran keluarga lebih melakukan kegiatan membaca bersama yang dilakukan secara unformal sebanyak 85 persen. Dan peran sekolah yang melakukan kegiatan membacakan cerita secara formal sebanyak 100 persen. Phonological awareness, dengan hasil peran keluarga lebih menggunakan media pendukung buku bergambar sebanyak 68,3 persen dan peran sekolah menggunakan media buku cerita 75,4 persen. Vocabulary, terlihat peran keluarga menggunakan bahasa indonesia dengan hasil 76,7 persen dan peran sekolah menggunakan bahasa indonesia dan bahasa inggris sebanyak 82,5 persen. Narrative Skill, peran keluarga dengan hasil 78,3 persen menggunakan teknik menirukan suara peran dan peran sekolah dengan hasil 82,5 persen menggunakan alat peraga. Print Awareness, peran keluarga pengenalan dengan mengajarkan memegang buku 63,3 persen dan peran sekolah dengan meminta mengambil buku 82,5 persen. Letter Knowledge, peran keluarga menggunakan poster abjad 63,3 persen dan peran sekolah menggunakan pembelajaran mengeja kata 70,2 persen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.61/17 Jiw p
Uncontrolled Keywords: Literasi dini, Peran keluarga, Peran sekolah
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RR ARETTA PRADIPTA JIWA, 071511623023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 22:25
Last Modified: 03 Jul 2019 01:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68338
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item