PROFIL PASIEN FARINGITIS AKUT DI DEPARTEMEN/SMF ILMU KESEHATAN THT-KL FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA-RSUD DR. SOETOMO PERIODE JANUARI-DESEMBER 2015

Dayita Wedyasantika, 011411133006 (2017) PROFIL PASIEN FARINGITIS AKUT DI DEPARTEMEN/SMF ILMU KESEHATAN THT-KL FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA-RSUD DR. SOETOMO PERIODE JANUARI-DESEMBER 2015. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (1MB)

Abstract

Faringitis akut adalah infeksi pada faring yang disebabkan oleh virus atau bakteri, yang ditandai dengan adanya nyeri pada tenggorokan, demam, pembesaran kelenjar getah bening leher dan malaise. Faringitis akut disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Sebab terbanyak faringitis akut adalah infeksi virus influenza dan adenovirus (Rusmarjono, 2007). Diantara sekian banyak infeksi, penyebab faringitis akut yang paling umum adalah group A β-hemolytic streptococcus (Streptococcus pyogenes). Peneliti melakukan pengamatan terhadap profil demografis dari profil faringitis akut di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional yang mengamati jenis kelamin, umur, pendidikan terakhir, dan pekerjaan pada pasien faringitis akut. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah pengumpulan data melalui rekam medik. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Dari 255 sampel didapatkan jenis kelamin terbanyak pada pasien faringitis akut adalah perempuan dengan persentasi 60% (153 pasien). Pasien faringitis akut terbanyak didapatkan pada usia 50 – 59 tahun dengan jumlah 52 pasien. Pasien faringitis akut dengan pendidikan terakhir terbanyak adalah SLTA dengan presentase 54% dengan jumlah 137 pasien. Pasien faringitis akut dengan pekerjaan terbanyak adalah pegawai swasta sebanyak 31% dengan jumlah sebanyak 79 pasien. Dapat disimpulkan bahwa faringitis akut terbanyak pada perempuan dengan usia terbanyak 50-59 tahun. Pendidikan terakhir terbanyak adalah pada SLTA dan pekerjaan yang terbanyak adalah pegawai swasta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK PD 289/17 Wed p
Uncontrolled Keywords: SMF Imlu kesehatan THT-KL
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsEmail
Dayita Wedyasantika, 011411133006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuhtarum Yusuf, Dr. , dr., Sp. THT-KL (K), FICSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2017 21:10
Last Modified: 18 Dec 2017 21:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68345
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item