MAKNA TEKS KARYA SASTRA PUISI (Studi Produksi dan Reproduksi Makna Teks Karya Sastra Puisi Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Surabaya)

PUTRI ASADINI, 071311633100 (2017) MAKNA TEKS KARYA SASTRA PUISI (Studi Produksi dan Reproduksi Makna Teks Karya Sastra Puisi Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.63.17 . Asa.m - ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.63.17 . Asa.m - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.IIP.63.17 . Asa.m - JURNAL.pdf

Download (207kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aktifitas membaca yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa di Kota Surabaya kini bertransformasi menjadi aktifitas menyenangkan yang digemari sebagai aktifitas di kala luang. Di tengah munculnya berbagai teks-teks produk populer, ternyata kalangan mahasiswa ini masih menggemari karya sastra puisi terutama karya-karya puisi modern seperti puisi bebas dan puisi kontemporer. Banyak orang yang tidak menyukai karya sastra puisi karena membutuhkan konsentrasi yang tinggi saat membaca dan menalarnya, namun tidak dengan kalangan mahasiswa di Kota Surabaya. Ternyata, menyukai dan menggemari karya sastra puisi tidak hanya sebagai hiburan dan pengetahuan, tetapi juga sebagai aktifitas komunikasi antara pembaca dan penyair. Perbedaan perspektif inilah yang menghasilkan pemaknaan membaca yang berbeda-beda tiap pembaca. Dalam studi kualitatif ini bertujuan untuk menyingkap produksi dan reproduksi makna teks karya sastra puisi yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan pendekatan cultural studies guna menggali aktifitas membaca sebagai suatu praktek budaya. Studi ini menggunakan teori The Pleasure of The Text yang dipostulasikan oleh Roland Barthes dan juga dibantu teori Intertekstualitas dari Julia Kristeva untuk mengungkap pemaknaan terhadap karya sastra puisi melalui kesenangan membaca dan asosiasinya dengan latar sosial dan kultural pembaca. Penelitian ini mendapatkan dua tipologi pembaca karya sastra puisi, yaitu emotional-pleasure reader dan actualization-pleasure reader.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.63/17 Asa m
Uncontrolled Keywords: Membaca karya sastra puisi, produksi dan reproduksi makna, kalangan mahasiswa, pleasure, intertekstual
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PUTRI ASADINI, 071311633100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 22:27
Last Modified: 03 Jul 2019 01:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68351
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item