KONTRUKSI SOSIAL TRADISI ROKAT TEK-TEK KEMANTEN SEBAGAI PEMBENTUKAN KOMUNITAS SOSIAL DALAM MASYARAKAT (Sebuah Fenomena Solidaritas, Sakralitas, Komunitas, Kesadaran Bersama)

Nurus Zaman, 071514753009 (2017) KONTRUKSI SOSIAL TRADISI ROKAT TEK-TEK KEMANTEN SEBAGAI PEMBENTUKAN KOMUNITAS SOSIAL DALAM MASYARAKAT (Sebuah Fenomena Solidaritas, Sakralitas, Komunitas, Kesadaran Bersama). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TSO 13-17 Zam k Abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSO 13-17 Zam k Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
TSO 13-17 Zam k Jurnal.pdf

Download (415kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Telang Kraton Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Madura. Dengan judul : Konstruksi sosial simbol tradisi rokat tek-tek kemanten sebagai pembentukan komunitas sosial dalam masyarakat.” Penelitian ini dilakukan oleh Nurus zaman, Nim. 075147530009 Program Studi Pasca Sarjana S2 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Surabaya. Dibawah bimbingan Prof. Dr.Ida Bagus Wirawan, SU dan Prof. Dr. Subagyo Adam,Drs,MS. Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui bagaimana keyakinan masyarakat desa telang yang bertujuan sebagai pelantara untuk menghargai “ bujuk nia” sebagai sesepuh desa telang yang mengikat oleh nilai – nilai dan norma di dalamnya dan unsur proses pelaksananya sampai pada bagaimana masyarakat mengkostrusi tradisi rokat tektek kemanten sebagai hal yang sakral dan mengetahui proses pembentukan komunitas sosial dalam masyarakat yang ada dalam upacara tradisi rokat tek-tek kemanten. Metode Penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dikaitkan dengan pedekatan fenomenologi pemililihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan sengaja dan sesuai dengan keinginan, peneliti mengambil data, dengan wawancara mendalam dan observasi. dengan catatan informan adalah orang yang memiliki warisan dari sesepuh desa telang kraton, baik, yang mempunyai keyakinan, sakralitas, dan proses pelaksanaan dan proses tradisi rokat tek-tek kemanten yang terdapat di desa telang, kecamatan kamal, kabupaten bangkalan madura. Kemudian informan yang dipilih dalam penelitian ini sebanyak lima belas orang. Hasil penelitian diketahui bahwa: masyarakat melakukan ritual dalam tradisi rokat tek-tek kemanten tersebut karena terikat dengan nilai-nilai yang melembaga di dalam diri masyarakat, dengan adanya simbol yang mempunyai makna yang sakral yang ada di dalam tradisi rokat tek-tek kemanten sebagaimana merupakan warisan nenek moyang dalam menghargai “ bujuk nia” yang membetuk realitas sosial sebagai keyakinan yang terinstitusional sehingga prosese pembentukan komunitas sosial karena kesadaran bersamaan dan solidaritas, loyalitas yang sangat tinggi, pada acara kemantenan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TSO.13/17 Zam k
Uncontrolled Keywords: Kontruksi sosial tradisi rokat tek-tek kemanten dan pembentukan komunitas sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP135-136.9 Hadith literature. Traditions. Sunna
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
Nurus Zaman, 071514753009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIda Bagus Wirawan, Prof., SUUNSPECIFIED
ContributorSubagyo, Prof. Dr.,Drs.MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Feb 2018 16:32
Last Modified: 19 Feb 2018 16:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68352
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item