KONSTRUKSI SOSIAL ATAS PENDIDIKAN MODERN DI KALANGAN KOMUNITAS PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR

LUKMAN HAKIM, 071514753015 (2017) KONSTRUKSI SOSIAL ATAS PENDIDIKAN MODERN DI KALANGAN KOMUNITAS PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TSO 15-17 Hak k Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSO 15-17 Hak k Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULLA ARTICLE)
TSO 15-17 Hak k Jurnal.pdf

Download (214kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji konstruksi sosial tentang pendidikan modern di kalangan komunitas Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Kajian ini dilakuan di kampus pusat Gontor. Fenomena pendidikan modern di pesantren menarik diteliti terutama pendidikan modern di PMDG, karena pendidikan modern yang berlangsung dari genrasi pertama (trimurti pendiri) kepada generasi penerusnya, membenarakan bahwa pendidikan modern di pesantren adalah solusi bagi pendidikan pesantren di masa yang akan datang. Pendidikan modern yang dalam masalah ini dimanifestasikan dalam bentuk Pondok Modern Darussalam Gontor dengan segala nilia-nilai serta struktur yang ada di dalamnya, menjadi sebuah jawaban atas masalah pendidikan islam yang masih statis pada waktu itu. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi sosial tetang pendidikan modern di produksi dan direproduksi pada komunitas Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian menggunakan paradigma Interpretatif untuk memahami realitas sosial yang ada. Sumber data penelitian berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi dan wawancara dengan informan yang ditentukan secara snowball. Adapun data sekunder berupa dokumen yang berkaitan dengan Pondok Modern Darusalam Gontor. Teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckamann digunakan untuk menganalisa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) konstrukso sosial tentang pendidikan modern pada komunitas PMDG melalui tiga momen yaitu eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi; (ii) Makna sosial tentang pendidikan modern yang dimiliki komunitas PMDG dapat dilihat sebagai berikut, peneliti menemukan bahawa makna sosial tentang pendidikan modern dibagai menjadi 4 kategori: pertama, pendidikan modern merupakan totalitas kegiatan; kedua, Pendidikan Modern Merupakan Metode yang berbeda; ketiga, pendidikan modern merupakan bentuk ibadah kepada Allah swt; keempat, pendidikan modern merupakan pendidikan karakter manusia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TSO.15/17 Hak k
Uncontrolled Keywords: Konstruksi sosial, Pendidikan Modern, makna, PMDG
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1108.2-1108.7 Religious Education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
LUKMAN HAKIM, 071514753015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMusta’in, Prof. Dr. , Drs., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorNovri Susan, S.Sos., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 07 Feb 2018 19:40
Last Modified: 07 Feb 2018 19:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68356
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item