HABITUS DALAM MENGATASI PERMASALAHN SAMPAH (STUDI HABITUS PADA UNIT KOMUNITAS BINAAN BANK SAMPAH MALANG (KB-BSM) DALAM MENGELOLA SAMAPAH DENGAN SISTEM REDUCE, REUSE,RECYCLE(3R))

FETIN DWI SUMARNO, 071514753019 (2017) HABITUS DALAM MENGATASI PERMASALAHN SAMPAH (STUDI HABITUS PADA UNIT KOMUNITAS BINAAN BANK SAMPAH MALANG (KB-BSM) DALAM MENGELOLA SAMAPAH DENGAN SISTEM REDUCE, REUSE,RECYCLE(3R)). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TSO 16-17 Sum h Abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSO 16-17 Sum h Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
TSO 16-17 Sum h Jurnal.pdf

Download (380kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh sampah merupakan permasalahan yang belum bisa diselesaikan secara tuntas hingga saat ini. Pemikiran masyarakat yang masih "katro" dalam mengatasi permasalahan sampah, menjadi penyebab semakin banyaknya volume tumpukan sampah yang berada di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA). Dalam penelitian ini, penulis meneliti mengenai bagaimana terbentuknya habitus masyarakat Unit Komunitas BSM dalam mengatasi permasalahan sampah, serta penulis ingin melihat budaya baru komunitas dalam mengelola sampah dengan sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Unit KB-BSM merupakan unit masyarakat yang bergabung dengan BSM (Bank Sampah Malang) dalam mengatasi permasalahan sampah di wilayahnya. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang, tepatnya di Jl. Supriyadi, Jl. Kemantren, dan Jl. Danau Singkarak (Sawojajar). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan paradigma interpretatif, serta menggunakan teori Bourdieu yang berhubungan dengan habitus, sehingga peneliti mencoba untuk melihat terbentuknya habitus baru tersebut terbentuk berdasarkan latar belakang sebelum unit bergabung menjadi anggota Unit KB-BSM hingga sesudah bergabung menjadi anggota Unit KB-BSM, serta dari hal tersebut penulis dapat melihat budaya baru masyarakat dalam mengelola sampah dengan sistem Reduce, Reuse, Recycle (3R). Dengan demikian, melalui penelitian ini kita bisa melihat proses habitus baru melalui ranah perjuangan pada masyarakat Unit KB-BSM dalam mengatasi permasalahan sampah di wilayah mereka. Di mana dalam menuju habitus baru, mereka menghadapi latarbelakang yang sangat bervariasi. Selain itu, adanya habitus baru yang menghasilkan budaya baru tersebut, mereka justru dapat mempertahankan keberadaan Unit KB-BSMnya hingga menunjukkan perkembangan yang sangat bagus, bahkan melalui hal tersebut, Unit KB-SBM berhasil memperoleh suatu prestasi dalam hal lingkungan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TSO.16/17 Sum h
Uncontrolled Keywords: Budaya Baru, Habitus, Pengelolaan Sistem Reduce, Reuse, Recycle (3R), Sampah, Unit Komunitas Bank Sampah Malang (KB-BSM)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
FETIN DWI SUMARNO, 071514753019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dr.,Dra.MSUNSPECIFIED
Thesis advisorTuti Budi Rahayu, Dr., Dra.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Feb 2018 16:34
Last Modified: 19 Feb 2018 16:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68357
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item