Persepsi Pengguna Terhadap Berbagai Layanan Di Perpustakaan Badan Arsip Dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah

Ajeng Fauqiyyatul Alfani, 071511623004 (2017) Persepsi Pengguna Terhadap Berbagai Layanan Di Perpustakaan Badan Arsip Dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Libri-Net, 6 (3). pp. 67-68.

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.IIP.66.17 . Alf.p - JURNAL.pdf

Download (265kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/LN@persepsi-pengguna-te...

Abstract

Pada era perkembangan saat ini, masyarakat kini mulai berkembang dalam berbagai aspek salah satunya adalah pada aspek informasi. Adanya perkembangan informasi inilah penyedia layanan termasuk perpustakaan mulai lebih meningkatkan kualitas layanan mereka dengan betuk semakin beragamnya jenis layanan-layanan di perpustakaan. Akan tetapi pengguna perpustakaan memiliki kriteria-kriteria penilaian maupun persepsi yang berbeda-beda pada setiap layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Berdasarkan dari berbagai perbedaan persepsi pada kualitas layanan inilah maka dilakukan pengukuran tentang kualitas berbagai layanan di perpustakaan Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan teori Gronroos yaitu dimensi kualitas layanan dengan tujuan untuk melakukan pengukuran kualitas layanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik penggambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini, hasil yang didapatkan berupa persepsi pengguna terhadap kualitas layanan sirkulasi (dewasa/umum dan remaja) menunjukkan bahwa dari keseluruhan pengukuran kualitas dapat dilihat layanan sirkulasi umum/dewasa lebih unggul daripada layanan sirkulasi remaja. Kemudian kualitas koleksi pada layanan referensi memiliki nilai yang cukup baik daripada kualitas koleksi pada layanan terbitan berkala dan layanan deposit. Selain itu juga terdapat keterkaitan antara karakteristik pengguna layanan dengan penilaian persepsi pengguna.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi pengguna, Kualitas pelayanan, Teori Gronroos
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Ajeng Fauqiyyatul Alfani, 071511623004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 22:31
Last Modified: 14 Jan 2018 22:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68359
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item