INTERAKSI ANTAR STAKEHOLDER DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KABUPATEN SIDOARJO (Studi Kebijakan Pendidikan Inklusif Dengan Perspektif Governance)

DEWI KHURWANANI, 071414353011 (2016) INTERAKSI ANTAR STAKEHOLDER DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KABUPATEN SIDOARJO (Studi Kebijakan Pendidikan Inklusif Dengan Perspektif Governance). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP 03-17 Khu i Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 03-17 Khu i Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam proses kebijakan pendidikan inklusif tidak hanya memerlukan dukungan fisik dari stakeholder tetapi juga dukungan interaksi antar stakeholder yang terkait, yang memiliki kepentingan dan pengaruh yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi interaksi antar stakeholder dalam penerapan kebijakan pendidikan inklusi di Kabupaten Sidoarjo dari perspektif governance dengan aspek komunikasi dan kerjasama antar stakeholder Metode pendekatan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di Kabupaten Sidoarjo untuk melihat penerapan kebijakan pendidikan inklusif di Kabupaten Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan Informan yang dipilih secara purposive berdasarkan pengetahuan informan tentang penerapan kebijakan pendidikan inklusif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Stakeholder yang terlibat dalam penerapan kebijakan pendidikan inklusif di Kabupaten Sidoarjo dari perpektif governance didalam kerangka penerapan kebijakan pendidikan inklusif di Kabupaten Sidoarjo terdapat tiga stakeholder yang saling berinteraksi dan mejalankan fungsinya masing-masing, yaitu state (Dinas Pendidikan, kepala sekolah, GPK, guru kelas), private sector (dokter dan psikolog/trapis) dan society (komite, orangtua dan peserta didik). Komunikasi sebagai unsur yang membentuk interaksi antar stakeholder belum terlaksana dengan baik. Sedangkan kerjasama dengan berbagai pihak yang berkepentingan, telah bekerjasama dengan pihak dokter maupun psikologi dari rumah sakit untuk melakukan identifikasi awal hambatan apa yang dialami calon peserta didik, tetapi kerjasama dalam penyediaan GPK yang memiliki latar belakang pendidikan yang khusus dalam menangani anak berkebutuhan khusus disetiap sekolah belum sepenuhnya terlaksana karena kurangnya kerjasama antar stakeholder seperti pihak sekolah dan orangtua.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TKP.03/17 Khu i
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pendidikan, Interaksi Stakeholder, Governance
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
DEWI KHURWANANI, 071414353011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFalih Suaedi, Dr. , M.SiUNSPECIFIED
ContributorSulikah Asmorowati, S.Sos., MDevSt., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Feb 2018 16:52
Last Modified: 19 Feb 2018 16:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68368
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item