PERILAKU PENEMUAN INFORMASI TENTANG PENDIDIKAN DASAR UNTUK ANAK DI KALANGAN ORANG TUA

Noer Amelia, 071511623019 (2017) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI TENTANG PENDIDIKAN DASAR UNTUK ANAK DI KALANGAN ORANG TUA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.77.17 . Ame.p - ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.77.17 . Ame.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilihan sebuah pendidikan bagi anak sangatlah penting. Peran orang tua dalam menentukan pendidikan yang tepat perlu dipertimbangkan dengan matang. Atas dasar pertimbangan ini orangtua menginginkan anaknya agar memperoleh pendidikan yang tepat bagi mereka. Oleh karena itu, pemilihan pendidikan yang tepat dapat dipengaruhi oleh perilaku penemuan informasi orang tua selama mencari pendidikan yang sesuai dengan anak mereka. Khususnya bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di tingkat pendidikan sekolah dasar. Dengan menggunakan model perilaku penemuan informasi Brenda Dervin, peneliti ingin mengetahui dan menggambarkan bagaimana perilaku orang tua dalam memilih pendidikan dasar untuk anak mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif menggunakan teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner dan di perkuat menggunakan probing, guna memperoleh informasi yang lebih jelas mengenai fokus permasalahan. Teknik pengumpulan responden dilakukan secara purposive dengan 103 responden dan sasaran reponden yang mempunyai anak antara umur 5-7 tahun, orang tua yang sedang melakukan penemuan informasi tentang pendidikan dasar dan orang tua yang berdomisili di kawasan Surabaya. Penemuan informasi orang tua dapat didasari atas kebutuhan dalam memenuhi ketidak pastian dan kebutuhan tentang subyek tertentu yang dirasa tidak cukup oleh orang tua saat ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perilaku yang ditunjukkan oleh orang tua melalui beberapa tahapan yaitu situasi yang berbeda antara masa orang tua dan saat ini, kesenjagan kognitif antara orang tua yang satu dengan yang lain tidak sama, jembatan kognisi yang dilakukan oleh orang tua dalam memenuhi ketidak tahuan tentang pendidikan dasar dan harapan mereka tehadap pendidikan yang telah dipilih untuk merubah dan membuat anak mereka menjadi lebih baik. Dari penelitian tersebut didapatkan kebutuhan informasi mengenai kurikulum dan metode pembelajaran yang paling banyak dibutuhkan oleh orang tua saat ini karena bagi orang tua cara belajar yang tidak monoton akan mudah diterima oleh anak mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.77/17 Ame p
Uncontrolled Keywords: Sekolah Dasar, Orang Tua,, Perilaku Penemuan Informasi, Kebutuhan Informasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Noer Amelia, 071511623019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 22:47
Last Modified: 03 Jul 2019 01:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68380
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item