KEBUTUHAN INFORMASI DIKALANGAN SISWA SMPN 1 SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Kebutuhan Informasi Dikalangan Siswa SMPN 1 Surabaya)

DELA SHABRINA PUTRI ADININGSIH, 071211633021 (2017) KEBUTUHAN INFORMASI DIKALANGAN SISWA SMPN 1 SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Kebutuhan Informasi Dikalangan Siswa SMPN 1 Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.84.17 . Adi.k - ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.84.17 . Adi.k - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.IIP.84.17 . Adi.k - JURNAL.pdf

Download (279kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfaatan Perpustakaan sekolah memiliki kedudukan penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan sekolah. Jika dikaitkan dengan proses belajar mengajar disekolah perpustakaan memberikan informasi yang sangat berharga dalam upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Untuk itu perpustakaan perlu merespon perkembangan tersebut, salah satunnya dengan membantu penyebaran informasi kepada para siswa untuk menemukan informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kebutuhan informasi siswa maupun siswi dalam memanfaatkan perpustakaan di SMP Negeri 1 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif, dengan populasi siswa yang memanfaatkan perpustakaan sebanyak ± 1058 sedangkan untuk sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probabilitas sampling, dengan teknik pengambilan simple random sampling. Berdasarkan hasil yang telah ditemukan dan dianalisa bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah yang terjadi di SMP Negeri 1 Surabaya sudah sesuai dengan kebutuhan individu. Hal ini dapat dilihat dari sebagian besar responden yang sering berkunjung dan memanfaatkan perpustakaan sekolah berkisar anatara dua hingga lima kali kunjungan dalam sebulan dengan tujuan untuk mencari ketenangan dan kenyamanan, sedangkan untuk penilaian mengenai sumber informasi yang sering digunakan ketika berkunjung perpustakaan sebagian besar responden memanfaatkan perpustakaan dengan meminjam ataupun membaca koleksi umum seperti novel, majalah, dan sebagainya di ruang perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.84/17 Adi k
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan, dan Kebutuhan Informasi.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DELA SHABRINA PUTRI ADININGSIH, 071211633021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Soesantari, Dr., Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 23:02
Last Modified: 14 Jan 2018 23:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68394
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item