Analisis Kompetensi Arsiparis pada Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya dan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur

Aditya Prayuda, 071311633051 (2017) Analisis Kompetensi Arsiparis pada Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya dan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Libri-Net, 6 (4). pp. 29-30.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://journal.unair.ac.id/LN@analisis-kompetensi-...

Abstract

Kompetensi pada dasarnya menjadi landasan utama bagi setiap orang yang memiliki profesi. Begitu juga dengan profesi sebagai arsiparis. Sebagai seseorang yang berprofesi sebagai arsiparis, sudah sewajarnya mempunyai kompetensi dasar beserta bukti tertulis tentang kearsipan guna melaksanakan tugas maupun tanggung jawab sebagai seorang arsiparis yang sesuai dengan peraturan pemerintah maupun undang-undang. Kasus yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa minimnya jumlah arsiparis yang berkompeten serta kurangnya anggaran maupun perhatian dari kepala daerah atau kementrian/lembaga, menjadi kendala dalam pelaksanaan pengelolaan kearsipan yang baik sehingga hanya sebagian kecil dari Kementrian/Lembaga, perguruan tinggi negeri, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), pemerintah daerah provinsi, dan kabupaten/kota, yang benar-benar mengelola arsipnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang Kompetensi arsiparis pada Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya dan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, dengan menggunakan Teknik Total Sampling, yang mengambil seluruh 32 responden dari populasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh arsiparis yang diukur menggunakan teori kompetensi spencer and spencer, memiliki angka yang cukup tinggi yaitu 79,9% pada tingkat pengetahuan dan 81,7% pada tingkat keterampilan sehingga dapat dikatakan telah sesuai dengan konsep kompetensi yang telah diterapkan dan dikembangkan oleh pemerintah/ANRI khususnya pada sektor-sektor pemerintahan daerah seperti pada tingkat pemerintah provinsi maupun pemerintah kota.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Arsiparis, Kompetensi, Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Aditya Prayuda, 071311633051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:23
Last Modified: 02 Jul 2019 04:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68404
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item