ANALISIS 8 KARAKTERISTIK PERAN PUSTAKAWAN DALAM PERSPEKTIF PEMUSTAKA (SISWA) DI PERPUSTAKAAN GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA

AVIA PRIMA PRAMUDITA, 071511623022 (2017) ANALISIS 8 KARAKTERISTIK PERAN PUSTAKAWAN DALAM PERSPEKTIF PEMUSTAKA (SISWA) DI PERPUSTAKAAN GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.98.17 . Pra.a - ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.98.17 . Pra.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Literasi informasi merupakan suatu keterampilan yang sudah semestinya dimiliki oleh siswa mengingat fenomena yang terjadi pada saat ini terkait ledakan informasi dan semakin banyaknya informasi yg diproduksi secara aktif. Dalam hal ini perpustakaan memiliki peran penting dalam menumbuhkan literasi informasi siswa dan pustakawan sebagai ujun tombak perpustakaan dapat berkontribusi dalam menumbuhkan generasi literate pada siswa. Pustakawan memiliki peran penting disini mengingat pustakawan sebagai instruktur dalam pengenalan mengenai literasi informasi kepada pemustaka. Peneliti menggunakan hasil penelitian yang dikemukakan oleh Ross Todd & Carol Kuhlthau untuk mengetahui peran apa sajakah yang muncul pada perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta ketika pustakawan mengembangkan literasi informasi kepada pemustaka dan hasil penelitian dari Kulbin & Virkus untuk mengetahui apakah pengetahuan, keterampilan dan sikap mampu memaksimalkan peran yang telah diungkapkan oleh Todd & Kuhlthau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, lokasi penelitian ini yaitu Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta. Metode pengambilan sample menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang muncul dan sudah dapat terlaksana dengan baik pada Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta antara lain resource agent, literacy development agent, rescue agent, dan individualized learning agent. Pada karakteristik peran resource agent, tanggapan siswa adalah baik dengan rata-rata 3,77; pada karakteristik peran literacy development agent, tanggapan siswa adalah baik dengan rata-rata sebesar 3,54; karakteristik peran rescue agent, tanggapan siswa adalah baik dengan rata-rata sebesar 3,49; sedangkan pada karakteristik peran individualized learning agent, mendapatkan tanggapan yang juga baik dari siswa dengan rata-rata sebesar 3,48. Untuk memaksimalkan peran yang ada yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan menunjukkan jika ketiganya memiliki hubungan dengan 8 peran yang diungkapkan Todd & Kuhlthau. Hubungan yang kuat terjadi antara pengetahuan dengan peran knowledge construction agent, keterampilan dengan peran technological literacy agent dan sikap dengan rescue agent. Sehingga dapat dikatakan jika pengetahuan, keterampilan dan sikap dapat memaksimalkan 8 peran yang muncul yang telah diungkapkan oleh Todd & Kuhlthau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.98/17 Pra a
Uncontrolled Keywords: Literasi Informasi, Pustakawan, Perpustakaan, Siswa.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
AVIA PRIMA PRAMUDITA, 071511623022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:46
Last Modified: 15 Jan 2018 18:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68418
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item