LITERASI DIGITAL DI KALANGAN GURU SMA DI KOTA SURABAYA

HERDHITA VIDYA KHARISMA, 071311633053 (2017) LITERASI DIGITAL DI KALANGAN GURU SMA DI KOTA SURABAYA. Libri-Net, 6 (4). pp. 31-32.

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.IIP.99.17 . Kha.l - JURNAL.pdf

Download (313kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/LN@literasi-digital-di-...

Abstract

Literasi digital merupakan sebuah kemampuan untuk untuk mendapatkan, memahami dan menggunakan informasi yang berasal dari berbagai sumber dalam bentuk digital (Gilster,1997). Seiring perkembangan teknoligi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, serta tuntutan undang-undang republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 profesional guru dituntut untuk bukan hanya mampu memanfatkan teknologi digital namun juga menilai keabsahan informasi yang didapatkan dari sumber digital. Gilster menyebutkan terdapat 4 aspek kompetensi agar seseorang dikatakan melek digital, keempat aspek tersebut adalah aspek pencarian di internet, aspek pandu arah hypertext, aspek evaluasi konten informasi serta aspek penyusunan pengetahuan. Metode pengambilan sampel adalah dengan teknik multistage random sampling pada 100 orang guru dari 5 SMA yang terdapat di kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat literasi digital dikalangan guru SMA di kota Surabaya sudah tergolong tinggi di semua aspek kompetensi, baik pada aspek pencarian di internet, aspek pandu arah hypertext, aspek evaluasi konten informasi serta aspek penyusunan pengetahuan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi digital guru, pencarian di internet, pandu arah hypertext, aevaluasi konten informasi, penyusunan pengetahuan.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HERDHITA VIDYA KHARISMA, 071311633053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHelmy Prasetyo Yuwinanto, S.Sos., M.KP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:49
Last Modified: 15 Jan 2018 18:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68421
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item