ANALISIS SISTEM. INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) DI PERPUSTAKAAN UMUM KOTA SURABAYA

DINI BERLIANA SYAFITRI, 071311633075 (2017) ANALISIS SISTEM. INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) DI PERPUSTAKAAN UMUM KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.105.17 . Sya.a - ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.105.17 . Sya.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.IIP.105.17 . Sya.a - JURNAL.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem informasi perpustakaan (SIPUS) adalah sebuah website yang dikembangkan oleh perpustakaan umum kota surabaya sebagai alternative dalam mendukung pengelolaan perpustakaan. Sistem informasi perpustakaan (SIPUS) di surabaya masih jarang diteliti sehingga masih banyak yang belum mengetahui keberadaan SIPUS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi dari website Sistem informasi perpustakaan (SIPUS) dengan menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Lokasi penelitian ini di Lingkungan Perpustakaan Umum Kota Surabaya. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 33 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner yang pertanyaannya diadaptasi dari model UTAUT dan disebarkan kepada seluruh pengelola perpustakaan di perpustakaan umum kota Surabaya dengan menjadikan pengelola perpustakaan sebagai sampel atau responden dengan menggunakan total sampling. Data kuesioner di analisis menggunakan SPSS kemudian hasil analisa di interpretasikan hingga menunjukkan model pengukuran telah valid,reliable dan dapat diterima berdasarkan hasil pengujian data. Selanjutnya hasil model structural yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap minat pemanfaatan dan perilaku penggunaan penggunaan website SIPUS antara lain ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan kondisi pemfasilitasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi Sistem informasi perpustakaan (SIPUS) di Perpustakaan Umum Kota Surabaya mendapatkan hasil bahwadari keempat variabel ditemukan bahwa ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan pengaruh sosial mendapatkan skor tinggi sedangkan kondisi fasilitas rendah. Walaupun kondisi fasilitas rendah, namun pemanfaatan SIPUS di perpustakaan umum kota Surabaya termasuk dalam kategori baik. Karakteristik responden (jenis kelamin, usia, pengalaman dan kesukarelaan) sebagian besar terbukti tidak berperan sebagai moderator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.105/17 Sya a
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi perpustakaan (SIPUS), Model UTAUT, Minat Pemanfaatan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DINI BERLIANA SYAFITRI, 071311633075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Soesantari, Dr., Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:58
Last Modified: 15 Jan 2018 18:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68427
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item