Literasi Media pada Mahasiswa Dalam Melakukan Pembelian Online (Studi Deskriptif Pengukuran Tingkat Literasi Media dalam belanja Online berbasis Individual Competence Framework)

Fia Cahyaning Tyas, 071311633101 (2017) Literasi Media pada Mahasiswa Dalam Melakukan Pembelian Online (Studi Deskriptif Pengukuran Tingkat Literasi Media dalam belanja Online berbasis Individual Competence Framework). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.112.17 . Tya.l - ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.112.17 . Tya.l - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2020.

Download (759kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.IIP.112.17 . Tya.l - JURNAL.pdf

Download (207kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Literasi media adalah kemampuan untuk menganalisis dan menghargai karya-karya sastra, dan untuk berkomunikasi efektif melalui tulisan yang baik. Komponen yang paling umum dari definisi literasi media yaitu adanya kesadaran dari banyak pesan media dan kemampuan kritis dalam menganalisis dan mempertanyakan yang dilihat, dibaca, dan ditonton. Pada penelitian ini penulis menggunaka konsep Literasi media berbasis individual competence framework untuk mengetahui gambaran tingkat literasi media pada mahasiswa dalam melakukan pembelian online. Adapun konsep individual competence framework terdiri dari technical skills, critical understanding dan social competences. Adapun hasil dari penelitian ini adalah gambaran tingkat literasi media pada mahasiswa dalam melakukan pembelian online adalah sedang. Berdasarkan pendapat para ahli juga disebut pada level medium. Maksud dari hasil temuan ini adalah responden pada penelitian ini dari segi teknis pemahaman penggunaan aplikasi sangat memahami, namun dalam hal eksistensi pada dunia maya melalui aplikasi media sosial kurang. Adapun kekurangan ini dikarenakan responden kurang dalam melakukan sharing information maupun sharing knowledge antar sesama pemiliki akun media sosial, yang terhubung satu dengan yang lain melalui aplikasi media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.112/17 Tya l
Uncontrolled Keywords: Individual competence framework, online shop, mahasiswa, literasi media
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Fia Cahyaning Tyas, 071311633101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 15 Jan 2018 19:16
Last Modified: 15 Jan 2018 19:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68434
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item