PENGARUH KONSELING GIZI TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN, PERSEN LEMAK DAN LINGKAR PERUT PADA KARYAWAN PEREMPUAN OVERWEIGHT/OBESITAS DI INSTALASI GIZI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA

JAMINAH, 101511223013 (2017) PENGARUH KONSELING GIZI TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN, PERSEN LEMAK DAN LINGKAR PERUT PADA KARYAWAN PEREMPUAN OVERWEIGHT/OBESITAS DI INSTALASI GIZI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Airlangga university.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak jaminah.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
JAMINAH .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi di Indonesia akibat dari ketidakseimbangan antara asupan energi dan pengeluaran energi. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan obesitas, diantaranya pola makan dan aktifitas fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh konseling gizi terhadap penurunan berat badan, persen lemak, dan lingkar perut pada karyawan perempuan di Instalasi Gizi RSUD Dr. Soetomo Surabaya yang mengalami overweight/obesitas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental dengan rancangan pre-post test with control grup. Responden penelitian ini adalah pegawai perempuan yang mempunyai status gizi overweight/obesitas di Instalasi Gizi RSUD Dr. Soetomo Surabaya dengan jumlah 57 orang yang diambil menggunakan metode simple random sampling. Responden dibagi kedalam tiga kelompok yaitu konseling gizi 1x/bulan dan 1x review materi konseling (P1), konseling gizi dan konseling aktivitas 1x/bulan dan 1 kali review materi konseling (P2) dengan rentang waktu 2 minggu sekali sebagai kelompok intervensi dan satu kelompok sebagai control (P3). Konseling gizi dan review materi dilakukan selama 20 menit dengan bantuan leaflet, daftar bahan makanan penukar, food model, dan bahan segar. Pengumpulan data menggunakan kuesioner meliputi pre test, post test, food recall 3x24 hours, FFQ, pengukuran berat badan menggunakan timbangan Tanita, pengukuran lingkar perut menggunakan pita ukur, dan pengukuran persen lemak menggunakan BIA. Analisis data yang digunakan adalah One Way Anova dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh konseling gizi terhadap penurunan konsumsi energi (p=0,000), penurunan konsumsi protein (p=0,003), penurunan konsumsi lemak (p=0,000), penurunan konsumsi serat (p=0,030), peningkatan pengetahuan gizi (p=0,001), peningkatan self effifacy (p=0,000), peningkatan aktifitas fisik (p=0,000), penurunan berat badan (p=0,000), dan penurunan persen lemak (p=0,002). Sebaliknya tidak terdapat pengaruh konseling gizi terhadap penurunan konsumsi karbohidrat (p=0,659) dan penurunan lingkar pinggang (p=0,806). Konseling gizi dapat menurunkan berat badan dan menurunkan persen lemak. Konseling gizi perlu dilakukan secara berkala dan penambahan intensitas aktifitas fisik untuk menurunkan berat badan dan menurunkan persen lemak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 347/17
Uncontrolled Keywords: gizi lebih/obesitas, konseling gizi, asupan makan, aktivitas fisik dan self efficacy.
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
JAMINAH, 101511223013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTrias Mahmudiono, , S.KM., M.PH. (Nutr.), GCAS, Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2018 22:20
Last Modified: 29 Jan 2018 22:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item