Analisa Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Sikap Penggunaan, Norma Subyektif, dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Pengelola Perpustakaan Menggunakan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS) Kota Surabaya

ALFI NOOR AFRIDYAN, 071511623021 (2017) Analisa Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Sikap Penggunaan, Norma Subyektif, dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Pengelola Perpustakaan Menggunakan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS) Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Fis.IIP. 113-17 Afr a abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Fis.IIP. 113-17 Afr a fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 28 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang kian cepat yang memicu penggunaan sistem informasi perpustakaan guna meningkatkan kemampuan dan kinerja perpustakaan dalam memberika respon secara tanggap kepada pengguna. Salah satu contoh sistem informasi perpustakaan adalah SIPUS yang dibangun oleh komunitas perpustakaan sekolah menengah pertama dan Badan Perpustakaan Kota Surabaya. Sistem informasi perpustakaan yang telah dibangun dibagikan pada seluruh anggota komunitas sebagai upaya pemerintah daerah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di sebuah sekolah. Fenomena yang ada pada saat ini justru banyak sistem informasi perpustakaan yang tidak dimanfaatkan secara optimal oleh pengelola perpustakaan dalam organisasinya. Oleh karena itu, disini akan diukur variabelvariabel yang dapat mempengaruhi penerimaan sistem informasi perpustakaan pada pengelola perpustakaan sekolah menengah pertama di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan variabel persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, sikap penggunaan, norma subyektif, persepsi kontrol perilaku, dan minat perilaku dari teori kombinasi TAM dan TPB dalam penerimaan sistem informasi perpustakaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling yang menghasilkan 36 pengelola perpustakaan sebagai responden penelitian. Adapun pengujiannya menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji analisis data dengan uji normalitas, multikolinieritas,heterosdastisitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, serta uji hipotesis dengan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan variabel persepsi kemudahan terhadap persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dakn kegunaan terhadap sikap penggunaan, dan sikap penggunaan, norma subyektif, dan kontrol perilaku terhadap minat perilaku pengelola perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP. 113-17 Afr a
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Perpustakaan, Pengelola perpustakaan, TAM dan TPB
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
ALFI NOOR AFRIDYAN, 071511623021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYunus Abdul Halim, S.Si.,M.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:12
Last Modified: 27 Dec 2017 16:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68644
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item