Pengaruh Penambahan Konsorsium Bakteri, Bulking Agent dan Variasi Waktu Inkubasi terhadap Biodegradasi Oil Sludge

Putri Wida Lestari, 081311433080 (2017) Pengaruh Penambahan Konsorsium Bakteri, Bulking Agent dan Variasi Waktu Inkubasi terhadap Biodegradasi Oil Sludge. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
MPB.85-17 Les p abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
MPB.85-17 Les p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 29 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jenis perlakuan (penambahan konsorsium bakteri dan bulking agent) serta waktu inkubasi terhadap degradasi oil sludge di tanah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian pola faktorial 4 x 5 dengan tiga kali ulangan. Perlakuan terdiri dari dua faktor, yaitu : variasi perlakuan (K (tanpa penambahan konsorsium bakteri dan bulking agent), B (penambahan konsorsium bakteri), G (penambahan bulking agent), dan BG (penambahan konsorsium bakteri dan bulking agent)) dan waktu inkubasi yang digunakan adalah 0, 2, 4, 6, dan 8 minggu. Parameter yang diukur untuk mengetahui keberhasilan degradasi oil sludge adalah jumlah total bakteri (CFU/g-tanah), kadar residu TPH oil sludge (g/g-tanah) dan pH tanah perlakuan. Data rata – rata jumlah total bakteri (CFU/gtanah) dianalisis menggunakan uji Brown-Forsythe dan dilanjutkan dengan uji Games-Howell, sedangkan data kadar residu TPH oil sludge (g/g-tanah) dianalisis dengan Two Way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi jenis perlakuan dan kombinasi variasi jenis perlakuan dengan lama waktu inkubasi berpengaruh terhadap jumlah total bakteri (CFU/gtanah) dan kadar residu TPH oil sludge (g/g-tanah). Lama waktu inkubasi berpengaruh terhadap kadar residu TPH oil sludge namun tidak berpengaruh terhadap jumlah total bakteri. Hasil tertinggi variasi jenis perlakuan (penambahan konsorsium bakteri dan bulking agent) adalah perlakuan BG (penambahan konsorsium bakteri dan bulking agent) dengan jumlah total bakteri sebesar 15,35 ± 0,56 CFU/g-tanah dan kadar residu TPH oil sludge 0,0098 ± 0,001 g/g-tanah. Lama waktu inkubasi yang terbaik yaitu 8 minggu dengan kadar residu 0,008 ±0,0006 g/g tanah. Kombinasi dengan jumlah total bakteri tertinggi adalah BM2 (penambahan konsorsium bakteri dan waktu inkubasi 2 minggu) yaitu sebesar 19,54 ± 1,72 CFU/g-tanah, sedangkan kombinasi dengan kadar residu TPH oil sludge terendah adalah BGM8 (penambahan bakteri dan bulking agent dengan waktu inkubasi 8 minggu) yaitu sebesar 0,006 ± 0,001 g/g tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.85-17 Les p
Uncontrolled Keywords: biodegradasi, jumlah total bakteri, kadar residu TPH oil sludge, oil sludge, variasi perlakuan, lama waktu inkubasi
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Putri Wida Lestari, 081311433080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi’matuzahroh, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorFatimah, Dr., S.Si., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Dec 2017 20:50
Last Modified: 28 Dec 2017 20:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68658
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item