HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RUMKITAL Dr. RAMELAN SURABAYA

ANIEK KURNIAWATI, 101511223014 (2017) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RUMKITAL Dr. RAMELAN SURABAYA. Skripsi thesis, Airlangga university.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak aniek.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
ANIEK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kondisi pasien yang menjalani terapi hemodialisis akan memicu berbagai masalah seperti masalah fisik. psikologis. gaya hidup. dan perubahan sosial yang akan berdampak pada kualitas hidup pasien. Dengan pengetahuan yang dimiliki oleh seorang pasien gagal ginjal kronik akan mempengaruhi sikap dan perilaku hidup sehat dalam melaksanakan terapi hemodialis dan terapi diet dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis di Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 53 orang. diambil secara acak dengan metode lottery technique. Pengumpulan data meliputi nama pasien. umur pasien. data tingkat pengetahuan dan skor kualitas hidup pasien GGK dengan HD. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik Spearman Correlation dengan CI sebesar 95% (α = 0.05). Hasil penelitian sebagian besar responden adalah berjenis kelamin laki-laki dengan usia sekitar 26 – 55 tahun. didominasi dengan tingkat pendidikan SMA/ sederajat dan bekerja sebagai PNS/ POLRI/ TNI/PURN dan pegawai swasta. Sumber informasi yang diperoleh responden 100% berasal dari petugas kesehatan. Tingkat pengetahuan responden 62.3% termasuk dalam kategori baik. Terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan responden (p=0.014). Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kualitas hidup responden (p=0.023). Namun berdasarkan domain kualitas hidup yang terkait dengan kesehatan psikologis saja yang mempunyai hubungan dengan tingkat pengetahuan (p=0.014). sedangkan kesehatan fisik (p=0.125) dan hubungan sosial (p=0.277) tidak ada hubungan dengan tingkat pengetahuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas hidup pasien GGK dengan HD dapat dipengaruhi dari tingkat pengetahuan terutama kualitas hidup terkait kesehatan psikologis. Dan peran tenaga kesehatan sebagai sumber informasi, untuk itu perlu adanya keaktifan tenaga kesehatan untuk selalu meningkatkan pengetahuan sesuai profesinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 345/17
Uncontrolled Keywords: kualitas hidup, tingkat pengetahuan, tingkat pendidikan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ANIEK KURNIAWATI, 101511223014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMerryana Adriani, Dr. , S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2018 22:05
Last Modified: 29 Jan 2018 22:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68662
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item