HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI, PERSEN LEMAK TUBUH, POLA KONSUMSI, DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN USIA MENARCHE ANAK SEKOLAH DASAR

ANISAUL MAKARIMAH, 101311233030 (2017) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI, PERSEN LEMAK TUBUH, POLA KONSUMSI, DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN USIA MENARCHE ANAK SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Airlangga university.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK ANISAUL.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (fulltext)
ANISAUL .pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menarche adalah menstruasi pertama yang menjadi indikator seorang remaja putri memasuki masa pubertas. Dewasa ini terjadi pergeseran usia menarche ke arah yang lebih muda. Modernisasi dan instanisasi gaya gidup diyakini memegang peranan terhadap pergeseran usia menarche, seperti aktivitas fisik dan pola konsumsi yang berhubungan dengan persen lemak tubuh dan status gizi. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan antara status gizi, persen lemak tubuh, pola konsumsi, dan aktivitas fisik dengan usia menarche. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Besar sampel sebanyak 37 siswi yang sudah mengalami menstruasi dan dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data meliputi penilaian status gizi, persen lemak tubuh dengan menggunakan BIA, pola konsumsi dengan menggunakan form FFQ, dan aktivitas fisik dengan menggunakan kuesioner PAQ-C. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Spearman dan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berusia 12 tahun, rata-rata menstruasi di usia 10 tahun 8 bulan, pendidikan terakhir orang Perguruan Tinggi, pekerjaan ayah mayoritas sebagai pegawai, sedangkan hampir sebagian ibu yang tidak bekerja, besar uang saku untuk jajan mayoritas berkisar Rp 10.000,00 hingga Rp 20.000,00. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan antara status gizi (p<0,05, r=-0,360), persen lemak tubuh (p<0,05, r=0,328), pola konsumsi protein hewani (Asymp. Sig <0,05) dengan usia menarche siswi di SD Muhammadiyah GKB 1 Gresik, tetapi aktivitas fisik dan pola konsumsi, meliputi makanan pokok, fast food, maupun soft drink tidak memiliki hubungan dengan usia menarche (p>0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah semakin berlebih status gizi, persen lemak tubuh, konsumsi protein semakin dini usia menarche. Saran penelitian adalah menormalkan status gizi dan persen lemak tubuh, menjaga pola konsumsi, dan meningkatkan aktivitas fisik agar tidak terjadi menarche dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kkc kk fkm 350/17
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Persen Lemak Tubuh, Gaya Hidup, Usia Menarche
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ANISAUL MAKARIMAH, 101311233030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLailatul Muniroh,, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2018 22:01
Last Modified: 29 Jan 2018 22:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68663
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item