HUBUNGAN WAKTU KERJA ORANG TUA, ASUPAN ENERGI, DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR DAERAH PERKOTAAN SURABAYA (Studi Penelitian di SDN Pacarkembang 1 Surabaya)

Baiq Qamariyah, 101311233008 (2017) HUBUNGAN WAKTU KERJA ORANG TUA, ASUPAN ENERGI, DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR DAERAH PERKOTAAN SURABAYA (Studi Penelitian di SDN Pacarkembang 1 Surabaya). Skripsi thesis, Airlangga university.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak baiq.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
BAIQ Pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia mengalami masalah gizi ganda dimana angka gizi kurang dan gizi lebih mengalami peningkatan yang sama. Prevalensi masalah gizi kurang pada anak sekolah tidak mengalmi penurunan yang signifikan hal tersebut diikuti dengan peningkatan prevalensi gizi lebih. Status gizi adalah kondisi yang dapat menggambarkan asupan makan setiap individu. Faktor yang dapat mempengaruhi status gizi diantaranya adalah asupan energi, aktivitas fisik, dan waktu kerja orang tua. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan waktu kerja orang tua, asupan energi dan aktivitas fisik dengan status gizi siswa sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain studi crossectional. Sampel penelitian adalah 66 siswa sekolah dasar kelas 4 dan 5 yang diambil dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data meliputi pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, wawancara recall aktivitas fisik, wawancara recall 2x24 jam dan kuesioner untuk orang tua siswa. analisis data pada penelitian adalah analisis univariat dan bivariate dengan korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata asupan energi siswa adalah 1696,34 kkal, protein 65,41 g, lemak 64,09 g, karbohidrat 214,5 g. Sebagian besar siswa memiliki status gizi normal (57,6%) dan aktivitas fiisk ringan (63,6%). Sebagian besar waktu kerja ayah full time (84,8%), sebagian besar ibu tidak bekerja (39,40%). Terdapat hubungan antara asupan energi (p=0,003), asupan protein (p=0,048), asupan lemak (p=0,009), asupan karbohidrat (p=0,003), waktu kerja ibu (p=0,005), total energi ekspenditure (p=0,000) dengan status gizi siswa namun tidak terdapat hubungan antara waktu kerja ayah (p=0,529), waktu kerja ibu (p=0,351) tingkat aktivitas fisik (p=0,738), screen time (p=0,813) dengan status gizi siswa. Kesimpulan dalam penelitian adalah asupan energi, protein, lemak, karbohidrat, dan nilai total energi ekspenditur berhubungan dengan status gizi pada siswa sekolah dasar. Bagi orang tua siswa terlebih kepada ibu yang bekerja hendaknya dapat memberikan perhatian dan pengawasan lebih terhadap makanan yang dikonsumsi anak. Anak sebaiknya dapat mengurangi konsumsi makanan minuman tinggi energy, tinggi lemak dan mengganti dengan makanan kaya karbohidrat kompleks seperti sayur dan buah. Selain itu juga dapat meningkatkan minat anak untuk melakukan akitivitas fisik seperti mengajak berolahraga pada akhir pekan dan melakukan pemantauan pertumbuhan secara berkala

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK fkm 343/17
Uncontrolled Keywords: status gizi, asupan energi, waktu kerja orang tua, aktivitas fisik
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Baiq Qamariyah, 101311233008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTriska Susila Nindya, , S,KM., M.PH. (Nutr).,UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2018 21:37
Last Modified: 29 Jan 2018 22:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68665
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item