GAMBARAN PERILAKU PENGGUNA SIWAK BERDASARKAN TEORI PERILAKU TERENCANA (THEORY OF PLANNED BEHAVIOR)

NAFILAH KARIMAH, 021411131040 (2018) GAMBARAN PERILAKU PENGGUNA SIWAK BERDASARKAN TEORI PERILAKU TERENCANA (THEORY OF PLANNED BEHAVIOR). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 2 January 2021.

Download (1MB)

Abstract

Perilaku dalam menjaga kebersihan rongga mulut dapat mempengaruhi kondisi kesehatan rongga mulut. Keterlibatan agama berpotensi dalam mempengaruhi perilaku individu. Dalam agama Islam, terdapat Suri Tauladan yang mengajarkan untuk memelihara kesehatan gigi menggunakan siwak sebagai alat untuk membersihkan rongga mulutnya. Efek siwak dalam membersihkan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut lebih kuat dibandingkan dengan sikat gigi biasa baik secara kimia maupun mekanis. Tujuan: Mengetahui gambaran perilaku pengguna siwak berdasarkan theory of planned behavior. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna siwak di Pondok Pesantren As-Salafi Al-Fitrah Surabaya. Sampel diambil secara probabilitas dengan simple random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 109 siswa. Jenis kuisioner yang digunakan ada dua yaitu bentuk pertanyaan semi terbuka (semi open ended) dan bentuk pertanyaan tertutup (close ended). Hasil: Persepsi kontrol perilaku paling dominan dalam meningkatkan niat tampak dari nilai OR pada tabel kebiasaan bersiwak memiliki nilai paling tinggi diantara semua nilai, yaitu 6,56. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa pengguna aktif siwak yang pernah mengalami riwayat sakit gigi lebih kecil daripada pengguna siwak yang tidak aktif. Pemeliharaan kesehatan gigi yang ditinjau dari frekuensi, kunjungan, perawatan dari dokter gigi memiliki peluang yang lebih besar dilakukan oleh pengguna yang aktif bersiwak. Kesimpulan: Persepsi kontrol perilaku memiliki kaitan paling dominan dalam meningkatkan niat dan perilaku penggunaan siwak. Pengetahuan dan pemahaman keagamaan serta tingkat keimanan memiliki peluang dapat meningkatkan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 166/17 Kar g
Uncontrolled Keywords: sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, niat, riwayat kesehatan gigi, pemeliharaan kesehatan gigi, penggunaan siwak
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NAFILAH KARIMAH, 021411131040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTaufan Bramantoro, Dr. , drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 01 Jan 2018 17:37
Last Modified: 01 Jan 2018 17:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68672
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item